26 Maret 2021 | Dilihat: 125 Kali
Serai Wangi Berpotensi Dikembangkan di Aceh Singkil
noeh21
Kabid Industri, Disperindagkop dan UKM Kabupaten Aceh Singkil, Syahril saat meninjau langsung pengolahan minyak serai wangi di Kecamatan Suro. [Foto/Erwan]
 

IJN - Aceh Singkil | Kabupaten Aceh Singkil bila dilihat dari peta berada dikawasan paling ujung di Provinsi Aceh memiliki potensi untuk pengembangan budidaya penggolahan tanaman serai wangi.

"Melihat kondisi daerah, pengolahan minyak serai wangi yang dikenal Java Citronella Oil itu sangat berpotensi untuk dikembangkan,"ucap Kabid Industri Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan UKM (Disperindagkop dan UKM) Aceh Singkil, Syahril, Kamis 25 Maret 2021. 

Namun Syahril menyebut selama ini warga melakukan pengolahan serai wangi menjadi minyak masih secara tradisional, dengan hasil yang diperoleh dinilai belum begitu maksimal

"Bila dilihat dari pekebun yang menggolah secara langsung tanaman serai wangi secara tradisional, seperti di Kecamatan Suro, Kabupaten Aceh Singkil, tanaman yang menghasilkan minyak Atsiri sangat berpotensi dikembangkan mengangkat perekonomian masyarakat,"ujar Syahril mengaku sudah melihat langsung kepenggolahannya di Kecamatan Suro.

Tapi apalah daya, karena keterbatasan para pekebun hanya mampu menggolah minyak serai wangi yang dapat digunakan sebagai bahan baku industri sabun, kosmetik, parfum dan lainnya itu, secara manual dan tradisional. 

Padahal, bila proses penyulingan minyak serai wangi dilakukan secara baik dan maksimal, dengan lokasi tempat dapur penggolahan sesuai standarnya, dipastikan kwalitasnya pun akan baik menghasilkan minyak Atsiri yang bernilai jual tinggi.

Menurut Syahril, untuk pembuatan tempat penggolahan penyulingan serai wangi menjadi minyak pertitiknya diperkirakan menghabiskan anggaran sebesar Rp.20 juta. 

Untuk itu diharapkan, Pemerintah dapat  memperhatikan pekebun pengelola serai wangi setempat.

"Setidaknya diawal ini dapat membantu tempat beserta mesin pengolahan penyulingan minyak serai wangi di 10 titik, dan nantinya akan mampu mengangkat perekonomian masyarakat Kabupaten Aceh Singkil,"tutup Syahril


Penulis: Erwan
Jl. Lampanah Kuta Alam Banda Aceh.
Kecamatan Kuta Alam.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
​​​​​​Email : redaksiindojaya@gmail.com



Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com