25 November 2019 | Dilihat: 92 Kali
Siapkan Ahli Matematika Melalui Program Cooperativ Education
noeh21
 

IJN - Banda Aceh | Pertumbuhan ekonomi digital dewasa ini, membawa jenis pekerjaan dan tantangan bagi bisnis baru yang kompleks. Kemampuan untuk berpikir yang komprehensif dan memecahkan masalah sangat dibutuhkan.
 
Salah satu metode pendukung dalam pengambilan keputusan bisnis yang tepat adalah dengan menggunakan prinsip pemodelan Matematika dan Statistika, demikian disampaikan Valantino Agus Utomo,M.Si selaku Faculty Member S1 Business Mathematics Universitas Prasetiya Mulya, dalam pers rilis Senin, 25 November 2019.
 
Dijelasnya, semakin banyak Matematikawan terapan yang tidak hanya menyelesaikan soal-soal matematika, tetapi menggunakan keterampilan matematika yang unggul untuk memecahkan masalah di berbagai bidang termasuk bisnis. Pemodelan diimplementasikan pada sistem computer modeling yang canggih lalu dianalisa.
 
Dengan begitu seorang Matematikawan telah memberikan kontribusi untuk keunggulan dan penghematan biaya teknis melalui pemodelan, analisis, dan komputasi yang efektif dan efisien.
 
Melihat perkembangan dan kebutuhan yang signifikan tersebut, Universitas Prasetiya Mulya melalui program studi S1 Business Mathematics diharapkan dapat mengambil peran dalam penentuan strategi bisnis yang terus berubah dari waktu ke waktu. 
 
"S1 Business Mathematics adalah multi-disiplin ilmu yang mengaplikasikan metode matematika, statistika, komputasi, ekonomi, dan keuangan dalam dunia bisnis dan industri. Prodi ini bertujuan untuk mengembangkan kompetensi mahasiswa agar menjadi lulusan yang memiliki wawasan luas dalam dunia bisnis dengan dibekali kemampuan analitik dan komputasi yang kuat,” jelas Valantino Agus Utomo, M.Si.
 
Diterangkan juga, program studi ini memiliki tiga kompetensi yaitu Matematika Aktuaria, Matematika Keuangan, dan Matematika Industri dengan penekanan pada Data Science.
 
Mahasiswa S1 Business Mathematics tidak hanya dituntut untuk memiliki nilai akademik yang baik tetapi juga harus siap bekerja atau memiliki keterampilan profesional yang baik dan bersaing dengan lulusan lain dari seluruh dunia. Mengadopsi proses belajar dari University of Waterloo Kanada, program Co-op di prodi S1 Business Mathematics menjadi pertama yang diluncurkan di Indonesia.
 
Mahasiswa dimungkinkan untuk mendapatkan minimal satu tahun pengalaman kerja secara profesional di bidang yang berkaitan dengan Matematika Bisnis.
 
“Mahasiswa yang mengikuti program Co-op akan belajar dan bekerja secara bergantian dengan masa kerja (work-term) dan masa studi (study-term) yang membentuk suatu kesinambungan. Dalam masa kerjanya, mereka berperan langsung sebagai pekerja profesional yang diberi tanggung jawab dan hak layaknya pekerja profesional penuh waktu,” terang Valantino Agus Utomo. 
 
Universitas Prasetiya Mulya lanjut Valantino Agus Utomo, telah bekerja sama dengan lebih dari 100 perusahaan dalam program Co-op education agar mahasiswa mendapatkan beragam opsi dari berbagai industri.
 
PT AIA Financial, PT Gojek Indonesia, PT Traveloka, PT Ciputra, PT Garuda Indonesia, serta Bank Indonesia merupakan beberapa nama yang telah digandeng oleh kampus ini. Berbagai pilihan karier pun terbuka luas bagi lulusan Matematika Bisnis ini.
 
“Selain entrepreneur yang memiliki kemampuan analisa dan matematika yang handal, kesempatan karir untuk lulusan Business Mathematics sangat luas diantaranya adalah Aktuaris, Konsultan Bisnis dan sebagainya," sebut Valantino Agus Utomo.
 
Untuk itu diharapkan kepada generasi muda agar menjadi Ahli Matematika yang sesuai dengan kebutuhan bisnis masa depan, tentunya dapat bergabung dengan S1 Business Mathematics Universitas Prasetiya Mulya.
 
Cara pendaftaran tes seleksi masuk S1 Prasmul kunjungi pramul.link/pendaftarans1. Untuk wilayah Kota Banda Aceh akan ditutup pada tanggal 10 Desember 2019, sedangkan pelaksanaan tes seleksi akan digelar pada tanggal 15 Desember.
Jl. Lampanah Kuta Alam Banda Aceh.
Kecamatan Kuta Alam.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
​​​​​​Email : redaksiindojaya@gmail.com