29 Juli 2018 | Dilihat: 353 Kali
Teuku Syahwal Dorong Pemkab Pidie Perhatikan Sektor Ekonomi Pemuda
noeh21
Teuku Syawal berbicara dalam kegiatan Talk Show di Cafe 88 Sigli. Foto: IJN
 

Pidie | IJN - "Berikan aku sepulu orang pemuda, akan kuguncangkan dunia," begitulah salah satu pernyataan bapak pendiri bangsa Indonesia Soekarno, dalam menginspirasi kaum pemuda untuk tetap bersemangat melakukan perubahan.

Apalagi di era milenial seperti saat ini, peran pemuda tentu saja sangat dibutuhkan bagi pembangunan bangsa, terutama dalam bidang agama, ekonomi dan politik. Hal itu pula yang mendorong KetuaKTeuku KNPI Pidie Teuku Syawal, salah satu pemuda berpengaruh di Kabupaten Pidie, meminta kepada Pemkab Pidie supaya memperhatikan nasib ekonomi pemuda.

Dalam kegiatan Talk Show yang berlangsung di 88 Cafe Terminal Sigli, Sabtu malam (27/07/2018), Teuku Syawal menyebut, salah satu tantangan kaum muda  yaitu di bidang ekonomi.

"Dalam era milenial ini menjadi tantangan tersendiri bagi kaum muda, terutama dalam meningkatkan sektor perekonomian. Banyak harapan digantungkan ke pundak kaum muda di seluruh Kabupaten Pidie agar mampu tampil di garda terdepan bagi kemajuan Pidie tercinta," ujar Teuku Syahwal.

Kegiatan yang juga menampilkan Live Acoustic Aneuk Pidie itu diadakan Inspirasi Berkarya Sobat Muda Pidie berkolaborasi dengan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Pidie.

Menurut Teuku Syawal, saat ini dianggap sebagai masa-masanya kaum milenial. Namun, ada begitu banyak tantangan yang cukup berat bagi pemuda untuk bisa berperan baik di seluruh sektor. Salah satu cara yang harus dilakukan, menurut Ketua KNPI Pidie tersebut, adalah dengan wirausaha.

Dengan berwirausaha, maka para pemuda akan semakin mandiri. Selain itu, dengan meningkatnya jumlah pengusaha, maka dapat semakin banyak menyerap tenaga kerja di Pidie.
Tentunya pasti ada problema, yaitu banyaknya human reusous  (SDM) yang tidak memiliki skill atau keahliaan.

"Maka dengan demikian, para generasi muda milenial sangat perlu diberikan bimbingan bagaimana untuk menjadi seorang pengusaha muda yang berhasil. Oleh karena itu, perlu adanya perhatian dan dorongan dari Pemerintah Pidie untuk dapat memberikan pogram-pogram yang mendukungnya peningkatan dan kapasitas kewirausahaan agar mereka memiliki kapasitas dan keahlian disaat mulai terjun ke dunia usaha,” jelas Teuku Syawal dihadapan ratusan pemuda Pidie yang hadir.

Selain itu lanjut Teuku Syawal, dengan lahirnya wirausaha muda di Kabupaten yang dipimoin Avu Syik tersebut, dapat membantu kinerja Pemerintah Pidie dalam hal menurunkan angka penganguran dan meningkatnya perkembangan ekonomi rakyat.

“Karena itu, keseriusan Pemerintah Pidie terhadap peningkatan kapasitas pemuda di Pidie harus diperhatikan dan dilakukan secara nyata. Sehingga peran pemuda dalam pembangunan Pidie dapat semakin terasa,” tutup Syahwal.
Jl. Lampanah Kuta Alam Banda Aceh.
Kecamatan Kuta Alam.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
​​​​​​Email : redaksiindojaya@gmail.com