02 Januari 2020 | Dilihat: 631 Kali
Upah di Bawah UMK, Pekerja Diminta Lapor ke Disnaker
noeh21
Ilustrasi gaji atau upah/Ist
 

IJN - Upah Minimum Kota (UMK) 2020 di Makassar sebesar Rp3.191.572 wajib diterapkan tahun ini. Jika tidak, pekerja wajib melaporkan perusahaan tempat dia bekerja ke Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Makassar untuk ditindak. Kepala Disnaker Kota Makassar, Irwan Bangsawan, menegaskan perusahaan yang memiliki aset minimal Rp 250 juta, maka wajib menerapkan gaji sesuai dengan UMK.

Dia bahkan mengancam akan memberikan sanksi kepada perusahaan yang tidak menerapkan itu. "Tidak bisa, harus tetap menerapkan UMK, sanksi jelas pasti ada. Tapi itu ada tingkatannya, mulai dari teguran sebanyak tiga kali sampai pada penutupan perusahaan," tegas Irwan di Makassar.

Untuk itu, Irwan mengimbau seluruh pekerja untuk mengadu ke pemerintah jika tidak mendapatkan upah sesuai UMK. Apalagi sejak ditetapkan, pihaknya sudah beberapa kali melakukan sosialisasi kepada perusahaan untuk segera menerapkan upah sesuai hasil kesepakatan dewan pengupahan.

Naiknya UMK, maka pengawasan disetiap perusahaan perlu diperketat. Hanya saja persoalannya, kata Irwan saat ini pengawasan itu berada dibawah naungan Pemprov Sulsel.

Selama ini, pengawasan yang dilakukan pemerintah kota hanyalah sebatas penerimaan aduan dari para pekerja dan selanjutnya diteruskan ke pemerintah provinsi. Sehingga pihaknya sulit melakukan intervensi jika ada perusahaan yang tidak menerapkan UMK.

Untuk itu, dia berharap agar pemerintah provinsi bisa turun langsung dan mengawasi perusahaan yang tidak menerapkan UMK. "Problematika itu sebenarnya ada di kota bukan di provinsi sehingga pengawasan ini sebenarnya harus kembali ke kota, karena kita tidak bisa mengintervensi kalau ada perusahaan yang tidak menerapkan itu," tandasnya.

Sindonews
Kantor Media Indojayanews.com
Klik Di Sini
Jl. Cendana Utama, lr.Jampeitam I
Kecamatan Syiah Kuala.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
Email : redaksiindojaya@gmail.com


Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com