25 Juli 2019 | Dilihat: 310 Kali
MPU Kabupaten Simeulue Keluarkan Pernyataan Sikap dan Himbauan
noeh21
 

IJN - Simeulue I Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Kabupaten Simeulue akhirnya mengeluarkan pernyataan sikap terkait beredarnya informasi  tentang perbuatan tidak pantas, yang diduga turut melibatkan pimpinan daerah.

Surat pernyataan sikap yang dikeluarkan oleh MPU Kabupaten Simeulue pada 24 Juli 2019, ditandatangani oleh tiga pimpinan MPU Simeulue yakni Heriansyah, Lc, selaku Ketua MPU Kabupaten Simeulue, H. Muchsin Raf dan Tgk.H.Tajri Lubis, selaku Wakil Ketua I dan II MPU Kabupaten Simeulue.

Di dalam surat yang dikeluarkan oleh MPU Simeulue berbunyi bahwa MPU Simeulue sangat prihatin dan menyesalkan adanya video yang tidak pantas tersebut.

MPU Simeulue tidak memiliki wewenang untuk memproses hukum perkara jinayat. 

Wewenang MPU dalam permasalahan jinayat adalah memberikan fatwa atau penjelasan hukum, dan turut serta dalam merumuskan qanun jinayat.

MPU Kabupaten Simeulue mendorong lembaga yang berwenang untuk segera memproses kasus tersebut, agar tidak menjadi polemik yang berkepanjangan.

Selain memberikan pernyataan sikap, MPU Kabupaten Simeulue juga megeluarkan himbauan yakni agar menyikapi informasi tersebut dengan tenang, tidak terbawa emosi dan terprovokasi serta tidak berkomentar secara berlebihan, (Al Quran surah Al Hujurat ayat 12).

MPU Kabupaten Simeulue juga meminta masyarakat untuk tidak gegabah dan terlalu cepat dalam mengambil keputusan. ( Al Quran surah Al Hujurat ayat 6).

Diharapkan kepada masyarakat agar membiasakan untuk bertanya tentang sesuatu hukum pada ahlinya secara lansung, supaya tidak menimbulkan perdebatan dan menimbulkan syakwasangka. ( Al Quran surah An Nahl ayat 43).

MPU juga mengajak untuk menjaga persatuan dan Ukhuwah Islamiyah, (Al Quran surah Al Hujurat ayat 10).

MPU juga meminta masyarakat untuk menunggu proses hukum ini oleh lembaga yang berwenang. ( Al Quran surah An Nisaa ayat 83).



 
Jl. Lampanah Kuta Alam Banda Aceh.
Kecamatan Kuta Alam.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
​​​​​​Email : redaksiindojaya@gmail.com



Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com