06 Juli 2021 | Dilihat: 71 Kali
Rehab Narkoba Berakhir, Kakanwil Minta Narapidana Tetap Lanjut Rehab Mandiri
noeh21
Kakanwil Kemenkumham Aceh Meurah Budiman saat menyampaikan sambutan pada acara Penutupan Rehabilitasi Sosial bagi Narapidana Lapas Narkotika Kelas II B Langsa, senin (5/7).
 

IJN - Langsa | Dalam Kunjungan Kerja (Kunker) Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Aceh, Meurah Budiman bersama Kepala Divisi Pemasyarakatan Heri Azhari ke Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Kelas II B Langsa dirangkai dengan penutupan pelaksanaan rehabilitasi sosial bagi narapidana pengguna narkotika.

Kegiatan rehabilitasi sosial tersebut digelar untul narapidana di Mushalla Lapas Narkotika, Senin (5/7) kemarin.

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Aceh, Meurah Budiman secara resmi menutup rangkaian kegiatan rehab yang dihadiri oleh Kalapas Narkotika Herman Anwar, pejabat pengawas dan konselor yang selama ini melakukan pendampingan, pembinaan dan menjadi konsultan bagi narapidana pecandu narkoba dalam pelaksanaan program rehabilitasi tersebut.

Meurah Budiman dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada para konselor yang telah melaksanakan tugas konselornya dengan baik sejak bulan Januari sampai dengan Juni 2021.

"Kegiatan rehab sosial bagi 180 narapidana berlangsung dengan baik dalam masa pandemi Covid-19 dengan tetap mengutamakan penerapan protokol kesehatan, sehingga selama kegiatan berlangsung tidak ada dampak penularan covid-19 bagi peserta rehab narkoba tersebut,"kata Meurah Budiman. Selasa 6 Juli 2021, kepada INDOJAYANEWS.COM

Meurah Budiman menegaskan, khusus kepada 180 narapidana yang telah mengikuti rehab agar tetap komitmen menjaga diri agar tidak mengulangi perbuatan mengkonsumsi narkoba.

"Berakhirnya kegiatan rehab yang dilaksanakan oleh Lapas dan didampingi para konselor bukan berarti berakhirnya saudara mendapat pembinaan dan pendampingan, akan tetapi saudara wajib melaksanakan program rehab mandiri dengan cara tidak mengulangi mengkonsumsi narkoba, menjaga perilaku hidup sehat dan terus berjuang untuk melawan pengaruh narkoba dalam jiwa saudara,"tegas Kakanwil.

Kakanwil Meurah Budiman dihadapan para narapidana yang telah menjalani rehab juga menjelaskan, bagaimana perih kehidupan menjalani pidana di Lapas Nusakambangan yang jauh dengan keluarga dan tidak ada kunjungan off line selama pandemi Covid-19.

"Harapan kami saudara tidak mengulangi tindak pidana baik selama menjalani pidana, maupun selesai bebas nantinya, kalau saudara mengulangi pidana dan dipindahkan ke Lapas yang ada di Nusakambangan Jawa Tengah, maka saudara disana akan merasakan kamar hunian one sel ane person di Lapas Super Maximum Security, jauh dengan keluarga dan SOP keamanan dan pembinaan saat ketat di Nusakambangan,"harap Meurah Budiman mantan Kadiv Pemasyarakatan Jawa Tengah ini.

Usai menyampaikan sambutan, Kakanwil menanyakan kepada narapidana siapa yang mau pindah ke Lapas Nusakambangan.

Bahkan dengan serentak para warga binaan menjawab "tidak mau".

Dengan demikian, Kakanwil meminta narapidana untuk selalu berprilaku baik dan menjaga keamanan dan ketertiban Lapas agar selalu kondusif sehingga pembinaan yang dilaksanakan petugas Lapas berjalan dengan baik. [red]
Jl. Lampanah Kuta Alam Banda Aceh.
Kecamatan Kuta Alam.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
​​​​​​Email : redaksiindojaya@gmail.com



Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com