21 Oktober 2019 | Dilihat: 187 Kali
Pasukan AS Bergeser dari Suriah ke Irak
noeh21
Tentara AS/Net
 

IJN | Pasukan Amerika Serikat (AS) bergeser dari Suriah ke Irak melalui perbatasan Sahela di provinsi utara Dohuk, Senin (21/10/2109).

Reuters melaprokan sejumlah kendaraan lapis baja membawa pasukan ke Irak. Hal itu bagian dari penarikan AS dari Suriah. Seorang juru kamera Reuters melihat lebih dari 100 kendaraan sedang melintas.

Sumber keamanan Kurdi Irak juga mengatakan kepada Reuters bahwa pasukan AS telah menyeberang ke Wilayah Kurdistan semi-otonom di Irak.

Menteri Pertahanan AS Mark Esper mengatakan pada Sabtu (19/10) bahwa hampir 1.000 tentara yang ditarik dari Suriah utara diperkirakan akan pindah ke Irak barat untuk melanjutkan penumpasan kombatan Negara Islam (ISIS) dan untuk membantu mempertahankan Irak.

Sebelumnya, Turki sepakat untuk menunda serangan ke timur laut Suriah demi memberikan waktu bagi para pejuang Kurdi untuk menarik diri dari "zona aman".

Gencatan senjata juga bertujuan untuk meredakan krisis yang dipicu oleh keputusan mendadak Presiden Donald Trump untuk menarik semua 1.000 tentara AS dari Suriah utara.

Kebijakan Trump itu dikritik dan Kurdi menilai langkah itu adalah pengkhianatan karena Kurdi telah berjuang selama bertahun-tahun bersama pasukan AS melawan ISIS di Suriah.

Okezone
Jl. Lampanah Kuta Alam Banda Aceh.
Kecamatan Kuta Alam.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
​​​​​​Email : redaksiindojaya@gmail.com



Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com