02 April 2019 | Dilihat: 330 Kali
RSUD Yulidin Away Akan Terapkan Layanan Berbasis Online
noeh21
Rumah Sakit Umum Daerah Yulidin Away
 

IJN - Aceh Selatan | Rumah sakit Umum Daerah (RSUD) Yulidin Away Kabupaten Aceh Selatan terus mengoptimalisasi layanan kesehatan, hal ini menyusul akan di bukanya layanan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIM RS) yang berbasis Online.

Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) adalah sebuah sistem komputerisasi umum (dasar) yang memproses dan mengintegrasikan seluruh alur proses bisnis layanan kesehatan di Rumah Sakit dalam bentuk jaringan koordinasi, pelaporan dan prosedur Administrasi untuk memperoleh informasi secara cepat dan tepat.

Kepala Bidang Pelayanan RSUD Yulidin Away dr. Syahmadi Sp.PD mengatakan sistem rumah sakit dalam perbaikan, sistem tersebut nantinya akan tergabung dalam SIM RS itu memang belum ful bisa kita lakukan, sekarang sistem SIM RS itu hanya bisa di lakukan di poliklinik Rawat jalan, sedangkan untuk rawat inap belum lagi kita lakukan.

"Apa bila antara rawat jalan dan rawat inap nantinya sudah tergabung dalam SIM RS nantinya akan bisa terkoneksi langsung, sedangkan sekarang di rawat inap masih sistem manual di lakukan untuk mengembalikan statusnya, " katanya Selasa 2 April 2019.

Untuk sistem yang sudah terkoneksi online hanya di rawat jalan, sedangkan untuk rawat inap masih menggunakan sistem lama yaitu secara manual kita akan berusaha akan mengkoneksikan anatar rawat inap dan rawat jalan berbasis online.

"Guna mempersingkat antrian dan mempermudah pelaksanaan kepada masyarakat kita dari pihak Rumah Sakit nantinya, akan membuka layanan berbasis Online yang bernama SIM RS guna mempercepat pelayanan di RSUD Yulidin Away Tapaktuan, " katanya.

Sedangkan untuk pendaftaran rawat jalan sudah kita berlakukan sistem SIM RS jadi untuk waktu tunggu pendaftaran sampai dia menunggu di ruangan poli lebih cepat, untuk tenaga dokter spesialis juga akan kita rubah sistemnya dan akan kita tambah jumlahnya sehingga waktu tunggu di ruangan poli juga tidak terlalu lama.

Jadi untuk saat ini yang menjadi persoalan sekali adalah masalah tenaga apoteker dan asisten apoteker Rumah Sakit yang masih kurang dan jumlah loket terbatas ini yang akan kita perbaiki Sedangkan untuk SIM RS Sudah terkoneksi hingga apotek

Ia juga mengakui bahwasanya sistem di RSUD Yulidin Away Tapaktuan belem terlalu sempurna, namun pihaknya akan bekerja keras memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat, untuk menuju Aceh Selatan hebat.

"Kita juga akan buat Sistem Rujukan Terpadu, kita juga sudah melakukan kordinasi dengan pihak Kemenkes terkait dengan sistem yang baru ini, "pungkasnya.

Penulis : AS
Editor : Mhd Fahmi

Jl. Lampanah Kuta Alam Banda Aceh.
Kecamatan Kuta Alam.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
​​​​​​Email : redaksiindojaya@gmail.com



Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com