07 Juni 2020 | Dilihat: 737 Kali
Ini Yang Dilakukan Para Pecinta RX King Simeulue Saat Touring
noeh21
Foto dokumentasi saat Pecinta RX King Simeulue.
 

IJN - Simeulue | Bagi pecinta motor 2-Tak, Yamaha RX King di kabupaten Simeulue masih menjadi pilihan untuk dijadikan koleksi atau sebagai motor harian. Bahkan beberapa komunitas pecinta RX King juga kerap mengadakan acara touring hingga ke luar daerah.
 
Sebelum melakukan touring langkah pertama yang harus dilakukan pengendara RX King yaitu melakukan pengecekan mesin terlebih dulu.

"Sebelum kita berangkat jauh kita harus cek dulu dari mesinnya, sama rem harus dicek. Oli samping juga sudah pasti harus bawa. Tapi sebelumnya kita harus tahu jaraknya berapa jauh, karena setiap mesin beda-beda. Ada yang memang standarnya pakai olinya gak terlalu banyak," kata pria yang akrab disapa Hengky.

Menurutnya, pemakaian oli samping juga tergantung pada pengendaranya masing-masing saat touring. "Biasanya kalau jarak jauh kita main atas-bawah. Dari samping kita isi, terus kasih tambahan lagi untuk di atas (oli dicampur di tangki bensin)," jelasnya.

Touring lingkar kabupaten Simeulue ini merupakan uji ketahanan mesin RX King yang ada di pulau Simeulue. Rute yang di jajaki nanti, dari kota Sinabang melewati teluk Dalam, Sibigo, Alafan, Simeulue Cut, Kampung Air, Teupah Barat, Teupah Tengah dan kembali ke kota Sinabang.

"Sekitar 30 RX King Simeulue dari kota Sinabang menuju Sibigo, selanjutnya lewat dongek langsung tembus ke Alafan dan kembali ke kota Sinabang," katanya.

Perjalanan ini memakan waktu lebih kurang sepuluh jam untuk lingkar kabupaten Simeulue, serta menjajaki pergunung, jarak yang tempuh lingkar Simeulue sekitar 243 KM.

Saat Touring para pecinta RX King Simeulue mengumpulkan uang bersama dan seikhlasnya memberikan kepada kurang mampu di daerah dongek. Tidak hanya itu saja, pecinta RX King Simeulue membersihkan jalan saat pohon yang melintasi jalan.

"Alhamdulillah perjalanan kami sukses dan kembali ke kota Sinabang. (Kito bukan jalan-jalan lingkar sajo, tapi kito berpatisipasi untuk keluarga Kito yang Ado disiko. Bahasa Jame). (Kita bukan jalan-jalan lingkar Simeulue aja, Namun kita harus berpatisipasi kepada keluarga kita yang ada di daerah sini. Dalam bahasa Indonesia)," kata Robert sambil mengumpulkan uang.

Pihaknya mengumpulkan uang seikhlasnya pada semua pecinta RX King Simeulue yang ikut Touring untuk memberikan kepada keluarga yang kurang mampu di wilayah dongek, kata Robert yang dianggap Senior di RX King Simeulue, Sabtu 6 Juni 2020. (Red)
Jl. Lampanah Kuta Alam Banda Aceh.
Kecamatan Kuta Alam.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
​​​​​​Email : redaksiindojaya@gmail.com



Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com