17 Maret 2023 | Dilihat: 185 Kali
BIN dan PMI Mampu Kerjasama Fasilitasi Petani Daerah di Papua
noeh21
Badan Intelijen Negara (BIN) terjun dan merangkul anak muda yang tergabung dalam Papua Muda Inspiratif (PMI) untuk usaha budidaya jagung serta peternakan sapi di Kabupaten Fakfak, Provinsi Papua Barat.
 

IJN - Jakarta | Peningkatan perekonomian masyarakat Papua terus berjalan hingga saat ini, hal tersebut salah satunya karena adanya kerja sama dari pihak pemuda binaan Badan Intelijen Negara (BIN) dan juga Papua Muda Inspiratif (PMI) yang dianggap mampu memfasilitasi para petani daerah.

Koordinator PMI, Neil Leonardo Aiwoy menjelaskan bahwa telah terjadi program untuk pembinaan para petani daerah di Papua. Menurutnya, program tersebut berjalan berkat kerja sama yang sangat intens terjadi dari berbagai pihak, termasuk diantaranya adalah PMI hingga dukungan penuh dari BIN.

"Program ini berjalan atas kerja sama yang sangat intens dari PMI, Pemuda, Mama-Mama, dan Bapa-Bapa yang terlibat dalam program ini. Dan tentunya juga program ini yang didukung penuh oleh BIN," kata Neil dikutip dari Liputan6.com, Jumat 17 Maret 2023. 

Sebagai informasi, BIN dan PMI telah melakukan pembinaan kepada petani daerah supaya mereka bisa melakukan pengelolaan lahan jagung yang ditanam di tanah milik masyarakat adat sendiri.

Lebih lanjut, Neil mengaku bahwa pihaknya sudah menyiapkan beberapa produk turunan dari jagung untuk bisa dikelola masyarakat. Tujuan koordinasi antara BIN dan PMI tersebut untuk mewadahi masyarakat agar bisa mengelola lahan yang sempat terbengkalai dan juga supaya terjadi peningkatan nilai ekonomi di masyarakat.

"Kita hilirnya sudah menyiapkan beberapa produk turunan dari jagung. Kami dari PMI didampingi oleh BIN hanya memfasilitasi untuk melakukan pengelolaan lahan tidur ini supaya bisa menambah nilai ekonomi untuk masyarakat," ucap Neil.

Atas berbagai upaya dan komitmen kuat yang ditunjukkan dengan konkret dari BIN dan PMI, salah seorang petani jagung setempat, Mama Agustina Marwei mengaku dirinya sangat senang. Pasalnya sejauh ini memang segala perhatian berupa pembinaan untuk peningkatan kesejahteraan dari BIN dan PMI bagi masyarakat sangatlah berarti dan bermanfaat.

"Kami dengan senang hati bisa bekerja di tanah kami sendiri. Terima kasih BIN dan PMI telah memperhatikan kami," tutur Mama Agustina.

Kantor Media Indojayanews.com
Klik Di Sini
Jl. Cendana Utama, lr.Jampeitam I
Kecamatan Syiah Kuala.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
Email : redaksiindojaya@gmail.com


Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com