29 Januari 2019 | Dilihat: 408 Kali
Forkonas CDOB Gelar Refleksi dan Evaluasi Nasional, Ini Hasilnya
noeh21
Kegiatan Refleksi dan Evaluasi Nasional CDOB se Indonesia di Jakarta, 21-24 Januari 2019. Foto: Dok Aceh Raya
 

IJN - Banda Aceh | Forum Koordinasi Nasional Calon Daerah Otonomi Baru (Forkonas CDOB) menggelar refleksi dan evaluasi nasional. Acara tersebut diadakan di Jakarta pada 21 hingga 24 Januari 2019 lalu. Reflelksi dan Evaluasi Nasional itu diikuti sebanyak 34 (tiga puluh empat) peserta yang mewakili 17 (tujuh belas) CDOB tingkat provinsi, kabupaten dan kota.

"Dalam refleksi dan evaluasi nasional itu, Komisi B yang membidangi Organisasi dan Kelembagaan mendengar sejumlah pandangan, saran dan pendapat yang disampaikan peserta yang hadir sebelum memutuskan beberapa hal," terang H M Dahlan Sulaiman SE MSi selaku Ketua (Pimpinan) Komisi B kepada Redaksi Indojayanews.com saat menerangkan perkembangan perjuangan panitia Forkonas CDOB.

HM Dahlan Sulaiman menjelaskan, dalam rapat tersebut, Bidang Organisasi dan Kelembagaan memutuskan antara lain; agar Forkonas dalam waktu dekat terhitung paling lama satu bulan sejak keputusan itu dikeluarkan, segera melakukan registrasi dan verifikasi terhadap 173 CDOB yang telah terdaftar dan mendapat persetujuan DPD RI. Ia juga menjelaskan, CDOB yang belum masuk dalam 173 itu pun tidak tertutup kemungkinan menjadi anggota Forkoda dan Forkonas.

Forkonas lanjut HM Dahlan, dalam waktu dekat akan memfasilitasi pembentukan Forkoda CDOB diseluruh Indonesia, salah satunya melalui pemberian mandat. "Forkonas perlu melakukan restrusksi, resufle dan reposisi pengurus, terutama pada tingkat kepimimpinan. Bagi pengurus yang secara nyata tidak terbukti mempunyai waktu dan kurang peduli terhadap pelaksanaan program dan perjuangan Forkonas, agar segera mengundurkan diri," tegas pria yang disapa Ayah Dahlan Sulaiman itu.

Ketua Forkoda Aceh tersebut juga mengingatkan agar menghidari dualisme koordinasi dan tumpang tindih pengelolaan organisasi di daerah, maka Koordinator Wilayah (Korwil) dibubarkan atau dihapus dari struktur Forkonas. "Pimpinan Forkonas segera membagikan kepada CDOB terutama yang selama ini aktif dalam setiap kegiatan Forkonas," ujarnya.

Ditambahkan Ayah Dahlan, Pimpinan Forkonas segeramengupayakan Sekretariat Tetap yang layak, mudah dijangkau dan dikelola secara profesional. "Nanti akan disusun Ketua Harian, Sekretaris Ekseskutif dam staf memadai yang dilengkapi dengan peralatan layak. Semua CDOB anggota Forkonas agar membentuk tim tetap yang tinggal di Jakarta," tambahnya.

Penulis : Hidayat S
Jl. Lampanah Kuta Alam Banda Aceh.
Kecamatan Kuta Alam.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
​​​​​​Email : redaksiindojaya@gmail.com



Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com