29 Maret 2019 | Dilihat: 248 Kali
Forum Umat Islam Gelar Apel Siaga Umat Islam 313 Se Indonesia
noeh21
 

IJN- Jakarta | Forum Umat Islam gelar kegiatan apel Siaga 313 yang akan diselengarakan pada Ahad 31 Maret 2019 mendatang, Hal tersebut disampaikan Sekjen FUI KH. Muhammad Al-Khaththath di Masjid Agung Sunda Kelapa (MASK) tepatnya jalan Taman Sunda Kelapa Menteng Jakpus, Kamis 28 Maret 2019.

Pantauan Indojayanews.com (IJN) acara tersebut dihadiri KH. KH Slamet Ma'arif (Ketua PA 212) dan para tamu undangan lainya, insan pers baik dari media TV, cetak maupun online.

KH. Muhammad Al-Khaththath menyampaikan dihadapan awak media, menangkap kegelisahan masyarakat terkait kemungkinan kecurangan yang bakal terjadi pada pelaksanaan Pilpres dan Pileg serentak 17 April 2019, maka Forum Umat Islam (FUI) sebagai wadah silaturrahim dan koordinasi dari Pimpinan dan Aktivis Ormas dan Lembaga-lembaga Islam yang ada di lbu Kota Jakarta mengadakan Sarasehan untuk pemilu bersih, jujur, adil dan tanpa kecurangan.

“Umat Islam yang mengikuti Apel Siaga Umat ini, Insyaallah siap mengikuti agenda Pemilu 17 April 2019 dengan hati yang bersih dan dengan semangat pelaksanaan kewajiban agama sesuai arahan Fatwa MUI 2009 dalam ljtimak Ulama Komisi Fatwa 2009 di Padang Panjang tentang Pemilu dan arahan Ulama dalam hasil ljtimak Ulama GNPF 2018 di Jakarta lalu,” KH. Muhammad Al-Khaththath.

Lajutnya, Umat Islam menuntut pihak KPU sebagai penyelenggara pemilu bisa mewujudkan pemilu yang bersih, jurdil, dan tanpa kecurangan. Serta umat islam menuntut pihak-pihak terkait seperti partai-partai, Caleg, dan Capres sebagai peserta pemilu, bawaslu dan panwaslu sebagai pengawas pemilu, maupun aparat keamanan semuanya bertekad mengikuti pemilu 2019 dengan mewujudkan pemilu yang bersih, jurdil, tanpa kecurangan agar terwujud kepemimpinan nasional yang benar dan kuat yang akan mampu memikul beban amanat penderitaan rakyat dan terpilihnya para wakil rakyat yang amanah yang bisa mengawal pemerintahan dengan benar.

“Dan dalam apel siaga 313 para peserta bersama FPl, GNPF, PA 212 dan berbagai ormas dan komunitas umat Islam yang lainya, telah bersumpah mewujudkan Pemilu 2019 yang jujur, bersih, adil dan makmur tanpa ada kecurangan,” tegas Sekjen FUI.

Sementara, KH. KH Slamet Ma'arif (Ketua PA 212) dalam sambutannya, pada dasarnya PA 212 mendukung dan bekerja sama dengan FUI pada acara 313 karena PA 212 punya memori tersendiri.

“Kami mengiginkan pelaksanaan pemilu 2019 dapat berjalan dengan jujur, adil tanpa kecurangan untuk itu aksi ini bisa menjadi semangat dan motivasi pada masyarakat yang terobsesi untuk mengawal pemilu berjalan dengan baik. Kalau pemilunya jujur adil tanpa kecurangan sehingga hasilnya akan damai tetapi apabila tidak ada keadilan, kejujuran tidak ada satupun yang akan menjamin pemilu akan damai, untuk itu kepada aparat TNI dan POLRI bisa bertindak netral apabila ketahuan tidak netral maka tingkat kepercayaan masyarakat akan menurun terhadap aparat Pemerintah,” katanya.

Pada pelaksanan kegiatan apel siaga 313 sudah saya sampaikan kepada seluruh ormas untuk tidak membawa atribut partai ataupun gambar salah satu peserta pemilu. Kegiatan ini juga akan dihadiri dari umat beragama lain baik itu agama kristen, hindu, budha dan yang lainnya karena mengiginkan pelaksanaan pemilu yang jujur adil dan tanpa kecurangan.

Penulis : Antoni Riansyah
Editor : Rudi H
Jl. Lampanah Kuta Alam Banda Aceh.
Kecamatan Kuta Alam.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
​​​​​​Email : redaksiindojaya@gmail.com



Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com