17 Agustus 2019 | Dilihat: 333 Kali
JK dan Istri Kenakan Pakaian Adat Aceh di Upacara HUT RI ke 74
noeh21
Jusuf Kalla dan istri pakaian adat Aceh. Foto Ist
 

IJN - Jakarta | Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI di Istana Merdeka, Sabtu 17 Agustus 2019 menjadi momen terakhir Dr. Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla atau JK mengikuti upacara bendera sebagai wakil presiden. Jusuf Kalla dan Istri mengenakan pakaian Adat Aceh.

Sedangkan dalam upacara tersebut, Presiden Joko Widodo sendiri tampil dengan pakaian adat Klungkung, Bali lengkap dengan kain batik sebagi bawahan dan penutup kepala. Sementara, Ibu Negara Iriana dengan balutan baju adat Tapanuli Utara, Sumatera Utara lengkap. Terlihat juga Ibu Iriana menjinjing tas bertuliskan Horas.

Diketahui bulan Oktober nanti, JK akan resmi meninggalkan jabatan tersebut karena presiden dan wakil presiden terpilih bakal dilantik.

Pada momen terakhir itu, JK pun diberi kehormatan untuk mengumumkan pemenang busana terbaik dalam peringatan upacara bendera ini.

”Berdasarkan penilaian juri, di mana bapak-bapak dan ibu-ibu sejak tiba, sejak masuk ke Istana telah dinilai," kata JK di Istana Merdeka, Jakarta, Sabtu (17/8/2019).

JK juga mengungkapkan para pemenang dengan kostum adat terbaik akan mendapatkan hadiah sepeda Merah Putih. Hal tersebut sontak disambut riuh tepuk tangan meriah dari para hadirin.

"Saya diminta untuk mengumumkan penilaian pakaian adat yang terbaik. Tentu pemenangnya mendapat hadiah," ucapnya.

Dari penilaian sejak tadi pagi, juri memutuskan tiga nama peserta upacara dengan kostum adat terbaik. Peraih pertama diraih Khalidah yang mengenakan baju adat dari Nusa Tenggara Timur (NTT), peringkat kedua yakni H Bahrul yang mengenakan baju adat dari Kalimantan dan peringkat ketiga diraih oleh Nura Tristiana yang mengenakan baju adat Lampung.
 
Jl. Lampanah Kuta Alam Banda Aceh.
Kecamatan Kuta Alam.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
​​​​​​Email : redaksiindojaya@gmail.com



Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com