21 April 2020 | Dilihat: 326 Kali
Law Office Mohamad Ali Nurdin Bandung Sangat Peduli Wartawan Ditengah Covid-19
noeh21
Law Office Mohamad Ali Nurdin sangat peduli kepada wartawan ditengah covid-19.
 

IJN - Bandung | Ditengah merebaknya pandemi covid-19 di Provinsi Jawa Barat dan Kota Bandung khususnya, rupanya hingga menginjak pekan ke-3 di bulan April 2020, belum ada tanda-tanda akan berakhir.

Sebaliknya, di Bandung Raya (Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kabupaten Sumedang, Kabupaten Bandung Barat, dan Kota Cimahi) justru sedang digalakkan upaya PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar).

Imbasnya, sejumlah lapisan masyarakat diharuskan bekerja dan berdiam diri di rumah, tentu hal ini akan berdampak langsung pada kemampuan ekonomi masyarakat, termasuk di antaranya, bagaimana nasib kaum pemburu berita alias wartawan?

Diketahui ada ratusan bahkan ribuan wartawan di Kota Bandung, faktanya hanya sebagian kecil saja yang memperoleh santunan khusus menjelang penerapan PSBB pada 22 April 2020 dari induk perusahaan atau kelompok yang menaunginya.

Sementara sisanya yang berjumlah cukup besar ini, harus terus bergulat dengan tugas harian kerap menanti untuk digarap, memberitakan segala sisi kehidupan masyarakat ditengah pandemi covid-19 yang bergejolak di seluruh penjuru buana.  

Sekaitan hal yang memperihatinkan ini, Law Office Mohamad Ali Nurdin, S.H., M.H., M.Kn. & Partners yang berkantor di Jalan Braga No.21 Bandung bekerja sama dengan Jurnalis Bela Negara (JBN), teketuk hatinya demi meringankan beban, membantu para wartawan yang bertugas di Kota Bandung.

Beberapa hari sebelumnya, masih dalam kerangka merebaknya pandemi covid-19 di Bandung, kantor hukum ini telah memberikan bantuan kepada pengemudi ojek online (ojol), sedikitnya 150 paket sembako tersalurkan.

"Dalam situasi pandemi covid-19, saya juga ingin memberikan bantuan bahan kebutuhan pokok dan uang tunai kepada para wartawan di Kota Bandung. Harapannya, bantuan ini dapat bermanfaat dan meringankan beban teman-teman wartawan jelang PSBB di Kota Bandung,” ujar Mohamad Ali Nurdin, Senin sore, 20 April 2020, di kantor Law Office Mohamad Ali Nurdin, S.H., M.H., M.Kn. & Partners jalan Braga No.21 Bandung.

"Saya tahu teman-teman Wartawan paling vokal jika memberitakan kesusahan masyarakat, namun apabila wartawan sendiri yang mengalami kesusahan, biasanya wartawan sendiri akan diam seribu Bahasa. Kesusahannya akan mereka pendam sendiri," ungkap Mohamad Ali Nurdin.

"Karena itu, saya tergerak membantu para wartawan di saat pandemi Covid-19 merebak," sambungnya.

Mengundang Wartawan

Law Office Mohamad Ali Nurdin, selama ini dikenal sebagai kantor hukum yang paling dekat dengan para pegiat media massa. Tandanya, hampir setiap kasus-kasus besar yang ditanganinya, dipastikan kantor hukum ini kerap mengundang para wartawan meliput kasus tersebut.

Secara terpisah, masih di Jalan Braga No. 21 Bandung, pada hari yang sama, Ketua Jurnalis Bela Negara (JBN) yang juga Wartawan Aksi.co, Mochamad Gun Gun, mengaku sangat mengapresiasi bantuan bahan kebutuhan pokok dan uang tunai yang diberikan Law Office Mohamad Ali Nurdin kepada para pegiat media massa.

"Saya terharu, disaat banyak pihak yang tidak peduli kepada nasib para wartawan ketika pandemi covid-19, masih ada sosok pengacara seperti Mohamad Ali Nurdin yang turun langsung memberi bantuan untuk para Wartawan, berbagi kasih dengan kami," demikian ungkap Gun seraya mendoakan Semoga kebaikan tersebut dibalas berlipat oleh Allah SWT.

Penulis: Harri Safiari
Jl. Lampanah Kuta Alam Banda Aceh.
Kecamatan Kuta Alam.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
​​​​​​Email : redaksiindojaya@gmail.com



Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com