03 Mei 2024 | Dilihat: 108 Kali
Memperkuat Pertahanan dan Keamanan, IKN dan BIN Kolaborasi Berbasis AI
noeh21
OIKN dan BIN bersinergi dalam penguatan Pertahanan dan Keamanan Nusantara. | ( Foto dok. IKN/ majalahceo.id)
 

IJN - Banda Aceh | Dalam menjaga keamanan Ibu Kota Negara Nusantara (IKN), Badan Inteljen Negara (BIN) berkolaborasi dengan IKN menerapkan sistem pertahanan dan keamanan berbasis Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan terpusat di One Signal Network.

Badan Inteljen Negara (BIN) menyatakan kesiapannya untuk bersinergi dengan Otorita IKN (OIKN) dalam sistem pertahanan dan keamanan berbasis AI.

Sekretaris Utama BIN Bambang Bambang Sunarwibowo melalui keterangan resmi mengatakan, pentingnya sinergi antara BIN dan IKN dalam menghadapi dinamika keamanan yang semakin kompleks di tingkat regional maupun global.

“Kerjasama yang erat antara IKN dan BIN sangat vital dalam menghadapi ancaman yang berkembang, mulai dari keamanan konvensional hingga ancaman siber,” Kata Bambang dalam Sosialisasi Perkembangan dan Perencanaan IKN di Gedung Soekarno-Hatta, kantor BIN, Senin (29/4/2024) yang dikuitp dari Majalahceo.id.

Sementara Sekretaris OIKN Achmad Jaka Santos Adiwijaya menyampaikan, visi IKN sebagai pusat pemerintahan yang aman, modern dan berkelanjutan.

“Sistem pertahanan dan keamanan yang dibangun melalui sis Hankamrata yang mengintegrasikan berbagai aspek pertahanan militer dan non militer, yang selaras dengan diplomasi dan didukung oleh pertahanan cerdas yang sedang dibangun dan dikembangkan oleh Kementerian Pertahanan,” terang Jaka.

Sedangkan konsep smart security yang telah dibahas dalam Focus Group Discussion (FGD) Pertahanan dan Keamanan IKN pada Oktober 2023, menjadi landasan penting dalam penyusunan strategi keamanan cerdas di IKN.

“Kami telah mengintegrasikan konsep smart security ini dengan kebijakan dan program yang sedang berjalan, termasuk dengan pihak-pihak terkait seperti BIN dalam upaya menjaga keamanan dan keteriban di IKN,” tegas Jaka.

Sumber : Majalahceo.id
Kantor Media Indojayanews.com
Klik Di Sini
Jl. Cendana Utama, lr.Jampeitam I
Kecamatan Syiah Kuala.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
Email : redaksiindojaya@gmail.com


Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com