02 Desember 2018 | Dilihat: 472 Kali
Seribu Lebih Peserta Ramaikan Jabar Internatiomal Marathon di Pantai Pangandaran
noeh21
 

IJN - Jawa Barat | Dispora (Dinas Pemuda dan Olahraga) Jabar meraih sukses dari penyelenggaraan JIM (Jabar Marathon International). JIM digelar untuk pertama kali pada Minggu, 2 Desember 2018. Rutenya, berada di sepanjang Pantai Barat Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat.

Total peserta pada penyelengaraan tahun pertama untuk era Gubernur Jabar, Ridwan Kamil,  terdaftar sekitar 1.200. Dan 70 peserta di antaranya  berasal dari mancanegara. Pantauan redaksi IJN  pada hari Minggu yang bercuaca cerah, ribuan penduduk yang dilalui peserta JIM, menyambut dengan terbuka dan gembira. 

"Diakui ini  yang pertama diselengarakan di Pangandaran. Tak menyangka sambutan penduduk begitu besar. Pun jumlah hadiah total Rp. 619 juta menjadi daya tarik tersendiri bagi para peserta," papar Yuda M Saputra, Kadispora Provinsi Jabar.

Menurut panitia, kategori yang dilombakan di antaranya Full Marathon sejauh 42,195 kilometer dengan waktu tempuh 7 jam. Kategori Half Marathon 21,0975 km dengan waktu tempuh 4 jam. Sedangkan untuk kategori 10 km ditempuh dalam  waktu 2 jam,  serta 5 km ditempuh dalam  waktu 1 jam. 

Masih menurut Yuda, penyelenggaraan JIM kali ini diarahkan untuk memperoleh sertifikasi IAAF (International Association of Athletics Federation). "Ini untuk kelengkapan penyelenggaraan berikutnya," jelasnya  yang merasa gembira karena dihadiri oleh representasi 'tuan rumah' Bupati Pangandaran, Jeje Wiradinata, serta mantan Ketua KONI Jabar, Eka Santosa (2002 - 2006).

Menurut Eka upaya menggeliatkan Pangandaran dengan kegiatan ini, adalah hal yang tepat. "Selain menggalakkan dunia atletik yang nantinya diarahkan ke jenis sport terukur di pesta olympiade, Asia Games, serta Sea Games, pastinya juga menggalakkan kepariwisataan," ucapnya seusai ia beberapa kali menyerahkan hadiah bagi para pemenang untuk setiap kategori. (Harri Safiari)
Jl. Lampanah Kuta Alam Banda Aceh.
Kecamatan Kuta Alam.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
​​​​​​Email : redaksiindojaya@gmail.com