24 Juli 2018 | Dilihat: 261 Kali
Slamet Sebut Penempatan Ketiga Lokasi KJA Offshore Sudah Sesuai dan Telah Dikaji KKP
noeh21
Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya (DJPB), Slamet Soebjakto. Foto: WhastApp
 

Banda Aceh | IJN - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya (DJPB), Slamet Soebjakto, menyebut lokasi penempatan ketiga KJA Offshore milik KKP buatan Norwegia, telah sesuai menurut kajian yang dilakukan Litbang Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

Keterangan itu disampaikan Slamet menanggapi perntayaan dari media Indojayanews.com pada Selasa (24/07/2018). "Ya prinsipnya penempatan di ketiga lokasi sudah sesuai karena telah dikaji oleh team Litbang KKP dan telah mendapat persetujuan dri Aqua Kompetanse dari Norwegia," ungkap Slamet.

Namun lanjut Slamet, terkait KJA Offshre di Sabang, diakuinya terjadi sedikit kesalahan, karena penempatannya terletak di titik garis air.

"Khusus yang sabang ternyata titik tempat KJA didirikan disitu adalah pas garis air (pertemuan dua arus) dan pas di lempeng bumi yang sangat rentan terjadinya arus dan gelombang kuat pada waktu waktu tertentu. Sehingga sedang dijajaki untuk digeser sekitar 100- 200 meter dari tempt tersebut," jelas Slamet.

Sedang KJA di Pangandaran disebutnya juga sudah sesuai. "Di Pangandaran sebetulnya juga sudah sesuai. Hanya beberapa hari dengan cuaca yang sangat kurang baik dan beberapa hari gelombang sangat tinggi antara 4-6 feet sehingga ada KJA yang beberapa komponennya  rusak," terang Slamet.

Walaupun begitu, lanjutnya, pertumbuhan ikan justru bagus. "Pertumbuhan ikannya justru sangat bagus, nilai SGR sd awal juli sebesar 3 g/hari. Ada yang telah mencapai 292 gr dari kisaran bobot awal 80-100 gr/ekor," tandasnya.

"Karimun sampai saat ini kondisi KJA bagus," tegas Slamet menutup pernyataannya. Untuk diketahui, total anggaran untuk pembelian tiga unit KJA lepas pantai di Karimunjawa, Pangandaran, dan Sabang adalah Rp 131,451 miliar.
Jl. Lampanah Kuta Alam Banda Aceh.
Kecamatan Kuta Alam.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
​​​​​​Email : redaksiindojaya@gmail.com



Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com