30 April 2024 | Dilihat: 80 Kali
Reaksi Netizen usai Indonesia Kalah dari Uzbekistan
noeh21
Wasit Shen Yinhao memberikan kartu merah kepada bek Indonesia Rizky Ridho pada pertandingan semifinal Piala Asia U23 antara Indonesia dan Uzbekistan. | (Foto Antara)
 

IJN - Kekalahan Timnas Indonesia U-23 dari Uzbekistan di semifinal Piala Asia U-23 2024 membuat netizen pendukung Garuda Murka. Para netizen menilai Timnas Indonesia U-23 dirugikan tiga keputusan VAR yang diambil wasit Shen Yinhao. Mulai dari menganulir gol Indonesia hingga kartu merah bagi Rizky Ridho.
 
Kekalahan semalam pun memupuskan harapan bagi Indonesia untuk melenggang ke babak final. Kepemimpinan wasit Shen Yinhao pun jadi sorotan netizen.
 
"Jumlah pukulan dari rakyat Indonesia untuk wasit >>>," ujar salah seorang netizen di kolom komentar akun Instagram @afcasiancup pada Selasa (30/4).
 
Lalu, adapula netizen yang membandingkan sikap wasit Shen Yinhao di pertandingan semalam.
 
Ia mempertanyakan kenapa Shen tak menghentikan sesaat pertandingan saat Pratama Arhan terjatuh kesakitan, sedangkan jika hal itu terjadi di kubu Uzbekistan Shen dengan sigap menyetop pertandingan.
 
"Arhan jatuh kenapa tetep dilanjutin sedangkan pemain Uzbek jatuh malah berhenti?," tulis dia.
 
Kendati gagal melenggang ke babak final. Namun, Garuda Muda masih berkesempatan lolos ke Olimpiade Paris 2024 dengan memenangkan duel perebutan peringkat ketiga.
 
Tak sedikit pula komentar netizen yang membawa harapan besar sekaligus menyemangati Timnas Indonesia U-23 untuk bermain di Olimpiade nanti.
 
"Kita selalu dikalahkan oleh wasit! lihat kita pasti juara 3 dan otw Paris! bismillah," tulis seorang netizen.
 
Indonesia harus tersingkir di babak semifinal Piala Asia U-23. Kalah dari Uzbekistan dengan skor 0-2.
 
Pada menit ke-61 Indonesia sebenarnya berhasil unggul 1-0 atas Uzbekistan berkat gol Muhammad Ferarri, tapi dibatalkan. Ia melepaskan tembakan dari dalam kotak penalti usai memanfaatkan bola liar usai kiper Uzbekistan membuang bola.
 
Wasit Shen kemudian mengecek VAR dan membatalkan gol tersebut karena sebelum Ferarri mencetak gol Ramadhan Sananta yang memberikannya bola terjebak di posisi offside.
 
Timnas Indonesia U-23 tertinggal 0-1 pada menit ke-68 lewat gol penyerang Uzbekistan Husain Norchaev melalui tembakan kaki kiri usai meneruskan assist dari Muhammadqodir Hamraliev lewat umpan silang.
 
Kemudian di menit ke-86 Uzbekistan pun berhasil menambah keunggulan jadi 2-0 lewat gol bunuh diri Pratama Arhan saat situasi bola mati tepat setelah sang kapten Rizky Ridho diganjar kartu merah.
 
Sumber : CNN Indonesia 
 
Kantor Media Indojayanews.com
Klik Di Sini
Jl. Cendana Utama, lr.Jampeitam I
Kecamatan Syiah Kuala.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
Email : redaksiindojaya@gmail.com


Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com