05 Mei 2024 | Dilihat: 111 Kali
Tarung Derajat Simeulue Gelar Latih Tanding dan Seleksi Popda Aceh
noeh21
Pelaksanaan latih tanding dan seleksi Popda olahraga Tarung Derajat Simeulue, Minggu, 5 Mei 2024. | (Foto Hendria/Indojayanews)
 

IJN - Simeulue | Cabang olahraga Tarung Derajat (Kodrat) Kabupaten Simeulue melaksanakan kegiatan latih tanding dan seleksi Pekan Olah Raga Daerah (Popda) Aceh tahun 2024 ini.
 
Ketua Umum Tarung Derajat Simeulue, Piter Gunadi, ST, dalam penyampaiannya mengatakan, kegiatan latih tanding ini merupakan siklus pembinaan olahraga di Simeulue yang bertujuan untuk mempererat hubungan persaudaraan dan memupuk persatuan dan kesatuan para atlit dan para pelatih tarung derajat di Simeulue.
 
Selain itu, kata Piter Gunadi, kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari dimulai dari tanggal 4 sampai 5 Mai 2024 ini juga sebagai bentuk pembinaan olahraga Tarung derajat di Pulau yang berada di tengah samudra Hindia itu.
 
"Kegiatan latih tanding dan seleksi atlit Popda ini juga untuk meningkatkan prestasi atlit dan mencari petarung muda Simeulue baik itu di ajang Popda dan juga ajang bergensi lainnya baik itu secara nasional bahkan nantinya internasional," kata Piter Gunadi, Minggu, 5 Mei 2024.
 
Pembina Tarung Derajat Simeulue, Andi Millian, SE, berharap atlit Tarung Derajat yang ikut tanding ini dapat meningkatkan propesionalitas sehingga nantinya dapat melahirkan atlit bisa diandalkan untuk Aceh bahkan Indonesia.
 
"Kita berharap nantinya atlit tarung derajat Simeulue ini bisa mewakili Indonesia di ajang tarung derajat. Karena saya yakin atlit Simeulue ini memiliki kemampuan untuk menjadi wakil Indonesia," kata Andi Millian, yang juga sebagai Anggota DPRK Simeulue itu.
 
Andi Milian selaku pembina berharap kepada atlit putra putri Simeulue untuk terus berlatih dengan maksimal sehingga menjadi atlit yang berprestasi dan dapat diandalkan.
 
"Saya sebagai pembina akan terus berupaya untuk memberikan yang terbaik untuk para atlit tarung derajat di Simeulue ini," kata Andi Millian.
 
Sementara itu Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Simeulue, Suhelmi, SP, mengatakan melalui kegiatan latih tanding dan seleksi Popda tarung derajat ini diharapkan nantinya dapat melahirkan atlit tarung derajat Simeulue yang akan mengikuti ajang Popda mewakili Simeulue.
 
"Nantinya untuk atlit Popda dari cabang tarung derajat Simeulue akan kita turunkan sebanyak delapan Atlit, empat putri dan empat putra," kata Suhelmi.
 
Suhelmi berharap, nantinya atlit yang lahir dari seleksi ini dapat mengharumkan nama Simeulue baik itu di ajang Popda maupun ajang lainnya.
 
"Kita berharap atlit terbaik yang lahir dari ajang ini, dan nantinya dapat mengharumkan nama Simeulue ditingkat lebih tinggi lagi," kata Suhelmi.
 
Ketua Panitia Latih tanding dan seleksi Popda Defrianto Aceh, dalam laporannya mengatakan kegiatan itu diikuti sebanyak lima satuan latihan (Satlat) yakni Satlat SMA IT Simeulue, Satlat SMA 2 Simeulue Timur, Satlat SMA 2 Simeulue Cut, SLTP 2 Simeulue Timur, dan SMA 2 Simeulue Tengah, Kabupaten Simeulue.
 
"Jumlah atlit secara keseluruhan sebanyak 50 atlit putra dan putri mulai dari tingkat SD hingga SLTA," kata Defrianto.
 
Disampaikan Defrianto, katagori yang dilombakan yakni tarung bebas, sementara untuk seni gerak untuk kali ini belum di lombakan.
 
Lebih lanjut kata Defrianto, untuk sumber dana pelaksanaan kegiatan ini berasal dari dana aspirasi pembina Tarung derajat Simeuleu Andi Millian, SE.
 
"Alhamdulilah, untuk tahun ini kegiatan kita ini terlaksana berkat bantuan dari pembina Tarung derajat Simeulue Andi Millian. Semoga kedepan ada bantuan lain untuk pelaksanaan kegiatan seperti ini baik itu dari pihak eksekutif, legislatif, dan juga pihak swasta lainnya dapat terus mengalir," ucap Defrianto.

Penulis : Hendria
Editor : AF
Kantor Media Indojayanews.com
Klik Di Sini
Jl. Mesjid, Punge Ujung, Kecamatan Meuraxa, Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh.
Email : redaksiindojaya@gmail.com
Telp. 0821-6735-4345 - 0811 681 450


Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com