25 Januari 2020 | Dilihat: 293 Kali
Wali Kota Banda Aceh Harap LFA Sumbang Pemain untuk Persiraja
noeh21
Pembukaan turnamen LFA.
 

IJN - Banda Aceh | Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman secara resmi membuka turnamen sepak bola HUT Lambhuk Football Academy (LFA) usia dini, Sabtu 25 Januari 2020. Turnamen tersebut diikuti oleh 26 tim dari Banda Aceh, Aceh Besar dan Sabang, dan akan berlangsung di Stadion Mini Lambhuk.

Pembukaan turnamen sepak bola untuk usia dini itu dimulai dengan menggiring bola yang dilakukan Wali Kota Banda Aceh, Aminullah dan Wakil Wali Kota Banda Aceh, Zainal Arifin bersama ratusan pesepak bola yang mengikuti turnamen ini.

Turut hadir pada acara pembukaan tersebut Camat Ulee Kareng, Rizal Abdillah bersama Muspika setempat, Keuchik Lambhuk, Rustam AB, dan para orang tua peserta yang antusias menyaksikan putra-putranya bertanding.

Dalam sambutannya, Wali Kota yang lebih dikenal dengan Bang Carlos Aceh itu menyampaikan apresiasi kepada para pengurus LFA yang telah bekerja keras hingga berhasil menggelar turnamen.

Menurut Wali Kota yang juga Ketua Dewan Pembina Persiraja ini, turnamen itu menjadi penting sebagai langkah pembinaan bagi pesepak bola muda di Banda Aceh dan daerah sekitar.

"Turnamen kelompok umur memberikan kesempatan kepada anak-anak kita untuk mengasah kemampuan. Talenta mereka akan terlihat di ajang seperti ini. Harapan kita nanti lewat ajang ini kita bisa menyumbang pemain untuk Persiraja, bahkan timnas dimasa depan," ujarnya.

Dalam kesempatan ini, Wali Kota menyinggung soal talenta sepak bola yang dimiliki anak-anak Banda Aceh. Menurutnya, bakat yang dimiliki perlu diasah lewat event-event usia dini seperti yang dilakukan LFA.

"Kita tentu merindukan anak-anak Banda Aceh kembali menghiasi pentas tertinggi sepakbola Indonesia. Bisa memperkuat klub-klub besar dan bahkan tim nasional. Semoga turnamen ini menjadi jalan bagi anak-anak kita menuju kesana," harap Bang Carlos.

Aminullah mengaku, Pemko Banda Aceh sangat mendukung event yang digelar, dan Aminullah meminta turnamen usia dini ini menjadi agenda tetap yang akan digelar setiap tahun.

Selain sebagai sarana mendorong prestasi pemain muda, lanjutnya, turnamen ini juga memiliki dampak positif lain, yakni menjauhkan generasi muda dari narkoba dan balapan liar serta bentuk kenakalan lainnya.

Kegiatan ini juga menjadi ajang silaturrahmi dan mendorong pergerakan ekonomi masyarakat, mulai dari pedagang kecil, jasa transportasi hingga jasa parkir.

Sementara, menurut laporan dari Ketua Panitia, Darmansyah Putra, turnamen ini dibagi dalam dua kelompok umur, yakni Usia 10 tahun dan Usia 12 tahun.

"Untuk U-10 diikuti 10 SSB dan U-12 diikuti 16 SSB. Seluruhnya ada 26 SSB yang berasal dari Banda Aceh, Sabang dan Aceh Besar,” ungkap Darman yang juga mantan kiper PS Lambhuk dan PS Pidie Jaya ini.

Turnamen HUT LFA ke-1 ini berlangsung selama dua hari, yakni 25-26 Januari 2020 dengan menggunakan sistem setengah kompetisi. Kepada para juara masing-masing kelompok umur akan diberikan hadiah berupa piala, medali dan sertifikat.

Berikut daftar peserta turnamen sepakbola usia dini HUT Lambhuk Football Academy:

Usia 10 Tahun

1. Lambhuk FA (Banda Aceh) 
2. SSB Rampagoe A (Banda Aceh)
3. SSB Rampagoe B (Banda Aceh)
4. SSB PSAN (Banda Aceh)
5. SSB Barona (Banda Aceh)
6. Talenta FA A (Banda Aceh)
7. Talenta FA B (Banda Aceh) 
8. SSB KDC (Banda Aceh)
9. SSB BUKIT 9 (Banda Aceh)
10. SSB Bukit Meusara Jantho (Aceh Besar) 

Usia 12 Tahun

1. Lambhuk FA A (Banda Aceh)
2. Lambhuk FA B (Banda Aceh)
3. SSB Barona A (Banda Aceh)
4. SSB Barona B (Banda Aceh)
5. Sabang FA (Sabang)
6. SSB Rampagoe A (Banda Aceh)
7. SSB Rampagoe B (Banda Aceh)
8. Talenta FA A (Banda Aceh)
9. Talenta FA B (Banda Aceh) 
10. SSB Mulia City (Banda Aceh)
11. SSB Gapena Gano (Banda Aceh) 
12. SSB BSA Blang Cut (Banda Aceh) 
13. SSB Aneuk galong (Aceh Besar) 
14. SSB PSAN Neusu (Banda Aceh) 
15. SSB KDC (Banda Aceh)
16. SSB BUKIT 9 (Banda Aceh).

Editor: Hidayat. S
Jl. Lampanah Kuta Alam Banda Aceh.
Kecamatan Kuta Alam.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
​​​​​​Email : redaksiindojaya@gmail.com



Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com