05 Oktober 2023 | Dilihat: 199 Kali
Pj Wali Kota Lantik 13 Penjabat Keuchik se-Kota Sabang
noeh21
Pj Wali Kota Sabang Reza Fahlevi resmi melantik dan mengambil sumpah 13 orang Penjabat (Pj) Keuchik gampong dalam Kota Sabang. Foto. IIN/IJN
 

IJN - Sabang | Pj Wali Kota Sabang Reza Fahlevi resmi melantik dan mengambil sumpah 13 orang Penjabat (Pj) Keuchik gampong dalam Kota Sabang.

Pelantikan tersebut ditandai dengan penyematan tanda jabatan untuk memenuhi kewajibannya selaku pimpinan gampong di wilayahnya masing-masing.
 
"Alhamdulillah kita telah melaksanakan pelantikan Penjabat Keuchik dalam Kota Sabang, semoga bapak dan ibu dapat menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya. Kami berharap Pj Keuchik yang telah dilantik dapat menjalankan tugas, fungsi, wewenang, dan kewajibannya sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku," kata Reza Fahlevi, di Aula Lantai IV Kantor Wali Kota Sabang, Kamis 5 Oktober 2023. 
 
Reza berharap para penjabat Keuchik dapat membangun komunikasi dan koordinasi yang baik dengan kecamatan, mukim, muspika, serta berpartisipasi dan berkolaborasi dalam membangun Kota Sabang.
 
Prosesi pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan ini dilakukan berdasarkan SK Wali Kota Sabang Nomor 400.10.2/978/2023, tentang Pemberhentian Keuchik dan Penjabat Keuchik Masa Jabatan tahun 2017-2023, serta Pengangkatan Keuchik dalam Kota Sabang. 
 
Pelantikan ini juga merujuk Qanun Nomor 2 Tahun 2023, tentang tata cara pemilihan Keuchik serentak, bahwa pemilihan serentak akan dilaksanakan pada tahun 2025 mendatang.
 
"Karena Penjabat Keuchik yang baru saja kami lantik ini semuanya adalah para ASN di lingkungan Pemerintah Kota Sabang, maka ada beberapa hal yang menjadi penekanan," tegasnya.
 
Pertama, dalam rangka pelaksanaan pemilu serentak 2024 mendatang, di harapkan bagi seluruh penjabat Keuchik dalam Kota Sabang beserta seluruh perangkat gampong untuk senantiasa menjaga keharmonisan masyarakat demi terciptanya Pemilu yang aman dan tertib di semua gampong dalam Kota Sabang.
 
"Kedua, kami instruksikan bagi seluruh Penjabat Keuchik dalam Kota Sabang untuk senantiasa menjaga netralitasnya, karena saudara-saudara sekalian disamping sebagai penjabat keuchik juga adalah seorang ASN/PNS," jelasnya.
 
Kemudian ketiga, selain menyukseskan Pemilu serentak 2024 mendatang, para penjabat keuchik juga berkewajiban menjalankan pemerintahan di tingkat gampong dengan sebaik-baiknya demi memberikan pelayanan yang baik bagi masyarakat, merencanakan dan membangun gampong melalui musyawarah dan partisipasi kegotong royongan masyarakat gampong.
 
"Dalam kesempatan ini saya juga menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Keuchik sebelumnya atas jasa, karya, tenaga dan dedikasinya dalam melaksanakan tugas selama 6 tahun ini. Semoga amal kebaikan dan pengabdian ini bernilai ibadah di sisi Allah SWT," tambahnya.
 
Adapun 13 Pj Keuchik yang dilantik diantaranya, Ardiansyah sebagai Penjabat Keuchik Krueng Raya, Edi Firmansyah Penjabat Keuchik Aneuk Laot, Rusli Penjabat Keuchik Balohan, Amrin Sianturi Penjabat Keuchik Cot Abeuk, dan Akmalun Nazri Penjabat Keuchik Cot Ba'u.
 
Kemudian, Dofa Fadli Penjabat Keuchik Ie Meulee, Afrizal Penjabat Keuchik Ujong Kareung, Faisal Penjabat Keuchik Anoi Itam, Mansyur Penjabat Keuchik Batee Shoek, Saiful Rizal Penjabat Keuchik Paya Seunara, Mailiza Penjabat Keuchik Keunekai, dan Juljani Penjabat Keuchik Beurawang.


Penulis: IIN
Editor : Afrizal
Kantor Media Indojayanews.com
Klik Di Sini
Jl. Cendana Utama, lr.Jampeitam I
Kecamatan Syiah Kuala.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
Email : redaksiindojaya@gmail.com


Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com