02 Juli 2019 | Dilihat: 380 Kali
Berusaha Bangkit, SKB Singkil Gelar UNBK Paket A,B, dan C
noeh21
Kepala SPNF-SKB, Singkil, Selamet, saat memberikan arahan kepada peserta paket A,B, dan C, Kabupaten Aceh Singkil.
 

IJN - Aceh Singkil | Guna menggugah hati masyarakat putus sekolah dan membuat terobosan untuk bangkit serta menghadirkan kembali kesempatan belajar yang sudah pernah hilang akibat putus sekolah, Satuan Pendidikan Non Formal (SPNF) Sanggar Kegiatan Belajar (SKB), Singkil menggelar Ujian Nasional Berbasis Komputer kesetaraan paket A, B dan C perdana.

Kepala SPNF-SKB Singkil, Selamet, kepada Indojayanews.com (IJN), Selasa 2 Juli 2019 mengatakan, untuk tahun ajaran baru 2019-2020, pihaknya sudah menerima sebanyak kurang lebih 250 peserta putus sekolah tersebar dari seluruh wilayah Kabupaten Aceh Singkil.

Selamet mengatakan, semua pendaftaran untuk penerimaan siswa baru pada SPNF SKB Singkil gratis tanpa dipungut biaya.

Dikatakan  untuk ujian paket A,B, dan C tahun ini terbagi menjadi dua diantaranya, UASBN dan UNBK.

Karena saat ini SPNF-SKB Singkil belum memiliki laboratorium fasilitas komputer, sementara ini untuk pelaksanaan UNBK akan dilaksanakan dengan menumpang di SMP Negeri 3 Gunung Meriah. "Insya Allah tahun 2020 kita sudah memiliki fasilitas komputer dan bisa melaksanakan UNBK secara mandiri",ucapnya.

Adapun syarat dan ketentuan bagi masyarakat yang ingin menempuh sekolah non formal di SPNF-SKB, mengisi formulir yang telah disediakan dengan membawa beberapa persyaratan yang telah ditentukan berdasarkan jenjang pendidikan yang akan diambil, yakni, membawa foto copy ijazah terakhir  3 lembar yang telah dilegalisir, foto copy kartu keluarga 3 lembar, pas photo 3x4, 4 lembar.

Disamping itu, peserta belajar kesetaraan paket akan di bekali dengan berbagai macam ketrampilan. Diantaranya, dasar ilmu komputer, elektronik, otomotif, pengolahan tahu, ketrampilan SPA dan ketrampilan lainnya.

Penerimaan sudah dimulai sejak bulan Januari 2019, sampai dengan sekarang. Selanjutnya bagi yang sudah terdaftar di kls III akan mengikuti ujian tahun 2020 mendatang.

Diharapkan, kepada masyarakat putus sekolah yang belum mendaftarkan diri agar dapat segera mendaftar ke SPNF-SKB Singkil sesuai dengan kebutuhannya masing-masing.

Penulis : Erwan
Editor : Mhd Fahmi
Jl. Lampanah Kuta Alam Banda Aceh.
Kecamatan Kuta Alam.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
​​​​​​Email : redaksiindojaya@gmail.com



Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com