21 November 2020 | Dilihat: 163 Kali
Asah Kemampuan Siswa
Cabang Disdik Aceh Wilayah Simeulue Gelar Debat Bahasa Inggris dan Indonesia
noeh21
Al Amin, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Aceh Wilayah Kabupaten Simeulue. Saat memberikan sambutannya (Foto : Jenedi)
 

IJN - Sinabang | Puluhan pelajar tingkat SMA dan SMK dari 24 Sekolah di Kabupaten Simeulue, mengikuti debat bahasa Inggri dan Indonesia. Debat yang digelar oleh Cabang Dinas Pendidikan Aceh Wilayah Kabupaten Simeulue itu berlansung selama dua hari sejak Jumat tanggal 20- 21 November 2020, di Aula Dinas setempat.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Aceh Wilayah Simeulue, Al Amin mengatakan, maksud dan tujuan diadakan lomba debat untuk kalangan pelajar itu sebagai upaya untuk mencari bibit pelajar berprestasi dan untuk mengasah kemampuan berbahasa.

"Bukan hanya mencari bibit pelajar berprestasi, tetapi lebih kepada untuk mengasah kemampuam siswa-siswi,"Kata Al Amin, Sabtu 21 November 2020

Baca Juga : Di Ajang Internasional, Pelajar Aceh Boyong Lima Medali

Lebih lanjut, Al Amin, menjelaskan jika kemampuan berbahasa, baik itu bahasa Indonesia maupun bahasa asing, tidak diasah para pelajar ini akan kaku saat berkomunikasi.

Untuk itu dikatakannya, dengan event ini pihaknya berharap generasi generasi muda Simeulue ini tidak kaku lagi ketika berkomunikasi dengan teman-teman atau orang asing dengan menggunakan bahasa Indonesia atau bahasa asing apa bila keluar daerah.

Baca Juga : Lima Pelajar Aceh Boyong Medali KSN 2020, Begini Tanggapan Kadisdik Aceh

Khusus kemampuan berbahasa Indonesia sendiri, lajut Al Amim, mengapa kemampuan pelajar ini harus terus diasah dan terus diasah. Sebab, dikatakannya, generasi milenial saat ini sudah banyak menggunakan bahasa yang tidak sesuai dengan kamus besar bahasa Indonesia.

"Mereka sudah banyak menggunakan bahasa kekinian atau bahasa gaul. Itu karena perkembangan zaman,"sebutnya

Lama kelamaan dikatakannya, jika mereka tidak diasah kembali berbahasa Indonesia dengan benar, dikhawatirkan mereka akan lupa menggunakan bahasa Indonesia yang sesuai dengan Kamus Bahasa Indonesia.

"Dalam even debat berbahasa ini. Siswa akan diberikan reward sebagai bentuk apresiasi. Reward ini akan diberikan kepada tim yang meraih juara satu, hingga tiga,"jelas Al Amin.

"Untuk juara satu tingkat SMA, diberikan uang pembinaan sebanyak Rp 3 juta plus tropi. Untuk juara dua diberikan uang pembinaan Rp. 2 juta plus tropi. Sedangkan juara tiga, uang pembinaan sebanyak Rp 1 juta dan juga tropi,"ungkapnya

"Demikian juga reward yang diberikan kepada juara untuk pelajar Sekolah SMK. Hanya yang berbeda selain uang pembinaan, masing-masing juara diberikan mendali,"tutup Al Amin.

Penulis : Jen
Jl. Lampanah Kuta Alam Banda Aceh.
Kecamatan Kuta Alam.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
​​​​​​Email : redaksiindojaya@gmail.com



Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com