25 Juni 2022 | Dilihat: 162 Kali
FK Unaya Sosialisasi Dampak gadget bagi Kesehatan Anak
noeh21
Dosen dan mahasiswa profesi Ners Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Abulyatama (PSIK - FK UNAYA) melakukan pengabdian kepada masyarakat Gampong Cot Mancang, Kecamatan Kuta Baro, Aceh Besar. Sabtu, 25 Juni 2022.
 

IJN - Banda Aceh | Dosen dan mahasiswa profesi Ners Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Abulyatama (PSIK - FK UNAYA) melakukan pengabdian kepada masyarakat Gampong Cot Mancang, Kecamatan Kuta Baro, Aceh Besar. Sabtu, 25 Juni 2022.
 
Kegiatan tersebut merupakan upaya pencegahan dan promosi kesehatan tentang dampak gadget bagi kesehatan pada anak usia 7-15 tahun. 
 
Program kegiatan ini juga dilaksanakan berdasarkan hasil musyawarah mahasiswa dan masyarakat seminggu sebelum hari pelaksanaan.
 
Ikut hadir Ketua Jurusan juga sebagai pemateri Ns. Iskandar, S.Kep.,M.Kep, perangkat Gampong, Ibu PKK, anak-anak usia sekolah dan mahasiswa Profesi Ners.
 
Ketua panitia pelaksana Anggi Rosita menyampaikan ucapan terimakasih kepada pemateri, perangkat gampong, Ibu PKK, mahasiswa program profesi Ners dan anak-anak usia sekolah di meunasah Desa Cot Mancang, yang sudah bekerja sama dan mendukung kegiatan tersebut.
 
"Berharap dengan sosialisasi kegiatan ini, masyarakat mendapatkan berbagai pengalaman dan ilmu terkait dampak gadget bagi kesehatan anak usia 7-15 tahun," katanya.
 
Sementara itu, Ns. Iskandar, S.Kep.,M.Kep narasumber dalam sosialisasi tersebut menjelaskan, penggunaan gadget yang berlebihan akan membawa dampak buruk bagi perkembangan sosial dan emosional anak. 
 
"Dampak buruk penggunaan gadget pada anak antara lain anak menjadi pribadi tertutup, gangguan tidur, suka menyendiri, perilaku kekerasan, pudarnya kreativitas, dan ancaman cyberbullying,"jelas Iskandar.
 
Menurut dia, solusi terhadap permasalahan pemakaian gadget pada anak usia dini dengan cara membatasi pemakaian gadget.
 
"Mengawasi anak dalam bermain gadget dengan figur orang tua yang berperan sangat penting serta memberi jadwal waktu yang tepat saat anak bermain gadget, agar gadget tidak dapat menghambat perkembangan sosial anak usia dini," jelasnya.
 
Sementara materi smartphone addictions, dampak negatif, dan tanda gejala akibat gadget juga disampaikan pada isi materi tersebut. (Red)
Jl. Lampanah Kuta Alam Banda Aceh.
Kecamatan Kuta Alam.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
​​​​​​Email : redaksiindojaya@gmail.com



Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com