14 Januari 2019 | Dilihat: 1014 Kali
Gedung SDN Sepang Dipalang Warga
noeh21
Warga palang gedung SD negeri Sepang, foto ; Facebook
 

IJN - Subulussalam | Gedung SDN Sepang, Kecamatan Longkib, Kota Subulussalam dipalang warga.

Pemalangan gedung SDN Sepang tersebut diketahui setelah beberapa foto beredar di media sosial yang diposting pemilik akun facebook Mida Azha.

Saat dihubungi  melalui sambungan telepon seluler, pemilik akun Mida Azha yang memiliki nama lengkap Nurhamidah warga Desa Sepang membenarkan kejadian pemalangan gedung SD oleh warga yang terjadi, Senin 14 Januari 2019 sekitar pukul 13.00 WIB.

“Ya benar tadi siang sepulang siswa dari sekolah sejumlah warga yang didominasi ibu-ibu memalang pintu gedung SD, “ kata Nurhamidah.

Nurhamidah menerangkan alasan warga memalang karena Kepala Sekolah yang tinggal di ibukota Subulussalam jarang masuk bahkan sampai berbulan-bulan lamanya. Sehingga proses belajar mengajar tak menentu “Kepseknya jarang masuk, pak. Bahkan berbulan-bulan tidak masuk. Sekolah juga jorok dan siswa pulang dari sekolah pada jorok karena tidak belajar, makanya warga langsung memalang, “ tutur Nurhamidah.

Selain Nurhamidah, penjelasan jarangnya masuk Kepala Sekolah SDN Sepang juga disampaikan Kepala Desa Sepang, Yasir. Melalui sambungan teleponnya, Yasir mengatakan bahwa penyebab gedung SD tersebut dipalang warga karena sudah carut marut karena kepsek tidak aktif ke sekolah.

Saking carut marutnya, kata Yasir, ada seorang warga yang anaknya sudah tamat dari SD tersebut selama dua tahun tapi ijazahnya belum keluar. Bahkan sebagian siswa di sana sebagian belum mampu membaca.

Selain itu, Yasir juga mengatakan wali murid tidak pernah dilibatkan dalam penunjukkan komite sekolah dan sampai sekarang warga tidak mengetahui komite sekolah SDN Sepang “sebelum dipalang, warga melapor kepada saya bahwa mereka mau memalang gedung SD. Memang sudah carut marut sekolah itu tak terurus, “ jelas Yasir (AB)
Jl. Lampanah Kuta Alam Banda Aceh.
Kecamatan Kuta Alam.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
​​​​​​Email : redaksiindojaya@gmail.com



Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com