09 Agustus 2019 | Dilihat: 2262 Kali
Kadisdik Subulussalam Datangi Sekolah Yang Meliburkan Siswa
noeh21
Kadis Pendidikan Subulussalam, Haji Sairun, S. Ag
 

IJN - Subulussalam | Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Subulussalam, Haji Sairun, S. Ag turun langsung kelapangan melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Sekolah Dasar Negeri Lae Bersih, Kecamatan Penanggalan, Jumat 9 Agustus 2019.

Kedatangan orang nomor satu di tubuh Disdikbud ke SD Negeri Lae Bersih itu setelah mendapat informasi bahwa sekolah tersebut telah meliburkan siswa sejak hari ini. Padahal, sesuai dengan surat edaran dari dinas pendidikan jadwal libur terhitung mulai tanggal 11 - 16 Agustus 2019 " artinya, hari ini dan besok masih sekolah, kenapa hari ini langsung diliburkan " kata Sairun kepada Kepala SD Negeri Lae Bersih di kantor sekolah.

Sairun pun memerintahkan agar besok SD Negeri Lae Bersih kembali masuk sekolah dan melakukan proses belajar mengajar " saya minta kepada bapak, besok kembali masuk sekolah. Kalau hari ini ya enggak apa-apa lah sudah terlanjur " ungkap Sairun.

Sairun mengatakan jika berpedoman kalender nasional hanya libur dua hari setelah hari raya idul adha. Namun, kata Sairun sesuai dengan kalender pendidikan Aceh hari libur bagi sekolah ditambah menjadi lima hari terhitung Senin sampai dengan Jumat tanggal 12 - 16 Agustus 2019.

Sementara, menurut pengakuan Kepala SD Negeri Lae Bersih, Awaluddin Bancin, S. Pd bahwa terjadinya libur hari ini sesuai hasil kesepakatan para guru mengingat kebiasaan keluarga guru SD Negeri Lae Bersih melaksanakan acara keluarga menyambut hari raya haji tiga hari sebelum hari H. Kesepakatan guru dan kepala sekolah tersebut terlihat dituangkan dalam bentuk surat yang ditandatangani masing-masing guru dan di ketahui Kepala Sekolah.

Pun demikian, Awaluddin Bancin mengaku salah dihadapan kepala dinas pendidikan yang telah meliburkan siswanya. Awaluddin juga meminta maaf dan bersedia menerima sanksi dari kepala dinas " saya akui saya salah, pak. Saya minta maaf dan siap menerima sanksi atas kejadian ini " ungkap Awaluddin.

Penulis : AB
Jl. Lampanah Kuta Alam Banda Aceh.
Kecamatan Kuta Alam.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
​​​​​​Email : redaksiindojaya@gmail.com