30 April 2020 | Dilihat: 618 Kali
Kadisdikbud Subulussalam Keluarkan Surat Edaran Perihal Kelulusan Siswa Ditengah Covid-19
noeh21
Kepala Disdikbud Subulussalam, H. Sairun, S. Ag.
 

IJN - Subulussalam | Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Subulussalam, H. Sairun, S. Ag mengeluarkan surat edaran tentang kelulusan siswa sekolah dasar dan siswa sekolah menengah pertama, kenaikan kelas serta penerimaan peserta didik baru dalam masa darurat penyebaran virus Covid-19.
 
Hal itu menindaklanjuti Surat Edaran (SE) Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19), "Surat sudah kita edarkan kepada masing-masing kepala sekolah SD dan SMP," kata Sairun saat ditemui diruang kerjanya, Kamis, 30 April 2020.
 
Dalam surat edaran tersebut, untuk kenaikan kelas ditentukan berdasarkan nilai harian yang telah dilaksanakan sebelum masa darurat penyebaran virus Covid-19, nilai yang diperoleh guru kelas atau guru bidang studi dari proses pembelajaran dari rumah.
 
Sedangkan untuk kelulusan siswa sekolah dasar ditentukan berdasarkan nilai rapor siswa pada kelas 4,5 dan nilai semester ganjil kelas 6, apabila satuan pendidikan telah melakukan ujian semester genap pada kelas 6 baik itu secara daring dan atau bentuk lainnya maka bisa dijadikan sebagai nilai tambahan sebagai kelulusan.
 
Kelulusan siswa sekolah menengah pertama, ditentukan berdasarkan nilai rapor pada lima semester terakhir, bagi sekolah yang sudah melaksanakan ujian semester genap dikelas 9, yang pelaksanaannya dilakukan secara daring atau dalam bentuk lainnya dapat dijadikan sebagai nilai tambahan dalam menentukan kelulusan.
 
Untuk penerima peserta didik baru, dimulai tanggal 22 Juni sampai dengan 11 Juli 2020, pendaftaran peserta didik baru dilakukan dengan mengacu pada prosedur standar penangangan virus Covid-19.
 
Pendaftaran peserta didik baru dapat dilakukan sistem surat elektronik pesan singkat atau melalui pesan WhatsApp dengan menghubungi nomor pusat informasi resmi sekolah. Dalam hal keterbatasan jaringan dan fasilitas yang dimiliki, maka dapat dilakukan pendaftaran secara manual dengan memperhatikan protap penanganan Penyebaran virus Covid-19 dengan ketentuan : 
 
1. Dalam satu ruangan hanya boleh ada 4 meja atau kursi antrian dan satu meja atau kursi panitia penerimaan berkas dengan jarak minimal 2 meter.
2. Setiap orang yang datang, dan panitia wajib menggunakan masker,
3. Didepan ruangan penerimaan berkas disediakan tempat mencuci tangan lengkap dengan sabun dan tisu.
 
Penulis : AB
Editor    : Mhd Fahmi
Kantor Media Indojayanews.com
Klik Di Sini
Jl. Cendana Utama, lr.Jampeitam I
Kecamatan Syiah Kuala.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
Email : redaksiindojaya@gmail.com


Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com