21 Juli 2022 | Dilihat: 76 Kali
Kepsek dan Para Guru di Nagan Raya Ikuti Pelatihan Konvensi Hak Anak
noeh21
Keterangan: Puluhan kepala sekolah (Kepsek) dan dewan guru di Kabupaten Nagan Raya mengikuti pelatihan Konvensi Hak Anak (KHA) ditingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP), di Aula SKB Suka Makmue, Kamis 21 Juli 2022. Foto. Hendria Irawan/IJN
 

IJN - Nagan Raya | Puluhan kepala sekolah (Kepsek) dan dewan guru di Kabupaten Nagan Raya mengikuti pelatihan Konvensi Hak Anak (KHA) ditingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP), di Aula SKB Suka Makmue, Kamis 21 Juli 2022.
 
Kegiatan pelatihan dengan tema "dalam mencegah dan penanganan kekerasan dan eksploitasi terhadap anak" tersebut diikuti oleh 41 sekolah tingkat SMP se-Kabupaten Nagan Raya dengan 80 peserta.
 
Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan Pendidikan Dasar, Zaini, S.Pd mengatakan, pelatihan digelar selama tiga hari dengan ikuti seluruh kepala sekolah dan perwakilan dewan guru dari setiap sekolah.
 
"Pelatihan digelar selama 3 hari, terdiri dari kepala sekolah di tingkat SMP dan satu dewan guru di setiap sekolah,"kata Zaini Kabid Pembinaan Pendidikan Dasar.
 
Ia menjelaskan, kegiatan pelatihan tersebut dilaksanakan agar dewan guru dan kepala sekolah dapat memahami hak-hak anak.
 
"Diantaranya Hak perlindungan, hak keberlangsungan hidup, hak tumbuh kembang, dan hak-hak lainnya,"jelas Zaini.
 
Hasil dari kegiatan tersebut, kata Zaini, agar guru-guru dapat mengetahui undang - undang anak, sehingga guru tidak boleh memberi kekerasan terhadap anak.
 
"Guru harus memberi kebebasan terhadap anak dalam proses belajar mengajar di sekolah, terlebih dengan kurikulum merdeka ini yang tengah digembar-gemborkan oleh pemerintah Pusat guna memberikan leluasa kepada anak-anak untuk bebas memilih arah pendidikannya dan bebas memilih kepada minat bakatnya,"ujarnya.
 
Ia menegaskan, agar tidak ada kekerasan terhadap anak di sekolah sekolah. "Semoga guru-guru dapat memahaminya,"tutupnya.
 
 
Penulis: Hendria Irawan 
Jl. Lampanah Kuta Alam Banda Aceh.
Kecamatan Kuta Alam.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
​​​​​​Email : redaksiindojaya@gmail.com



Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com