15 Juli 2023 | Dilihat: 362 Kali
Mahasiswa KKN Reguler UTU lihat langsung Proses Pembuatan Minyak Serai Wangi di Aceh Tengah
noeh21
Pemuda Desa Depet Indah, Kecamatan Celala, Aceh Tengah, bersama mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari Universitas Teuku Umar (UTU) Meulaboh melihat langsung proses panen serai wangi hingga pengolahan menjadi minyak di daerah setempat. Foto. Nurdiana Putri/IndoJayaNews
 

IJN - Aceh Tengah | Pemuda Desa Depet Indah, Kecamatan Celala, Aceh Tengah, bersama mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari Universitas Teuku Umar (UTU) Meulaboh melihat langsung proses panen serai wangi hingga pengolahan menjadi minyak di daerah setempat.
 
Seperti diketahui, Kabupaten Aceh Tengah merupakan wilayah dataran tinggi dengan ketinggian antara 200-2600 meter di atas permukaan laut. Hal ini tentunya membuat Aceh Tengah mempunyai potensi pertanian serta perkebunan yang sangat luas.

Baca juga : UTU Terima izin Pembukaan Program Magister Ilmu Pertanian dari Kemendikbudristek
 
Ketua Kelompok KKN di Desa Depet Indah, Vikky Eliswan Ahmad mengatakan, pihaknya bersama mahasiswa KKN reguler UTU Meulaboh meninju langsung lokasi perkebunan serai wangi di salah satu perkebunan masyarakat di Desa Depet Indah.
 
“Banyak hal baru yang bisa kami dapatkan dari kunjungan ke perkebunan serai wangi, kami bisa mengetahui tentang bagaimana proses penanaman, penyulingan, sampai tanaman sereh wangi di olah menjadi minyak yang memiliki banyak manfaat,"kata Vikky Eliswan Ahmad, Sabtu 15 Juli 2023.

Baca juga : PPG USK Bekali LKSA Muhammadiyah Manfaatkan Limbah Jadi Lilin Aromaterapi
 
Sementara itu, ketua pemuda Desa Dapet Indah, Junaidi menjelaskan langsung terkait proses memotong serai wangi, pengeringan hingga diolah menjadi minyak kepada mahasiswa.
 
“proses pengeringannya bisa berkisar 2-3 hari, tergantung keadaan cuaca, untuk jenisnya ada dua jenis sereh wangi yaitu merah dan putih dan harganya bisa mencapai 300 ribu/kg, itu harga tingginya, untuk harga paling rendah yakni 80 ribu/kg," tutupnya.
 


Penulis: Nurdiana Putri
Editor: Redaksi
Kantor Media Indojayanews.com
Klik Di Sini
Jl. Cendana Utama, lr.Jampeitam I
Kecamatan Syiah Kuala.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
Email : redaksiindojaya@gmail.com


Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com