20 Januari 2021 | Dilihat: 114 Kali
Melalui Vidcon, Bupati Jamin Idham Terima Sebanyak 53 Mahasiswa USK KKN di Nagan Raya
noeh21
 

 
IJN - Nagan Raya | Bupati Nagan Raya, HM Jamin Idham, SE, terima sebanyak 53 Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik Merdeka Mengajar (KKNT-MM) Universitas Syiah Kuala (USK) serta melakukan penandatanganan memorandum of understanding (MoU).
 
Puluhan Mahasiswa KKNT-MM tersebut ditempatkan di Nagan Raya dan diterima Bupati melalui video conference yang digelar pihak USK, pada Senin 18 Januari 2021.
 
Dosen Pembimbing, Trisda Kurniawan, S. P., MP, mengatakan ke 53 mahasiswa KKNT-MM di Nagan Raya kali ini akan ditempatkan di Kecamatan Beutong, Seunagan Timur, Seunagan, Suka Makmue, Kuala, Kuala Pesisir dan Darul Makmur.
 
"Mereka nanti akan menjalankan KKN di Desa (gampong) masing-masing dengan tiga program, Pertama program utama mencakup kegiatan membaca, menulis dan berhitung. Kedua, program pendukung mencakup kegiatan edukasi Covid 19. Ketiga, yaitu program tambahan meliputi kegiatan yang berhubungan  dengan disiplin ilmu masing-masing mahasiswa,"kata Trisda Kurniawan.
 
Trisda Kurniawan menyebut, ketiga program tersebut, harus ada di proposal dan mulai dilaksanakan sejak 18 Januari sampai 18 Februari 2021.
 
"Harapan kita, mahasiswa peserta KKN dapat menjalankan program yang telah ditentukan oleh Pusat Pelaksanaan dan Pengembangan Kuliah Kerja Nyata (P3KKN) dengan baik dan sukses, baik program utama, pendukung maupun program tambahan,"sebutnya.
 
Bupati Nagan Raya, HM Jamin Idham, SE, yang mewakili Bupati/Walikota se-Aceh, pada kesempatan itu menyampaikan terima kasih kepada Rektor USK yang telah memberikan kepercayaan kepada Kabupaten/Kota di Aceh sebagai tempat pelaksanaan KKNT-MM.
 
Bupati menyambut baik pelaksanaan kegiatan tersebut, disamping memberikan kesempatan kepada para mahasiswa untuk mewujudkan nilai-nilai yang terkandung dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi terutama dibidang pengabdian kepada masyarakat, juga sekaligus memberikan kesempatan yang seluas-luasnya kepada berbagai pihak ataupun lembaga perguruan tinggi untuk melakukan berbagai program akademik, baik dalam bentuk KKN maupun pendampingan dan penelitian ilmiah lainnya.
 
Pada kesempatan itu, Bupati Nagan Raya juga menandatangani MoU Kerjasama antara USK dengan Pemerintah Kabupaten/ Kota se-Aceh.
 
Kepada Rektor USK, Bupati Jamin Idham menyampaikan bahwa Nagan Raya siap menjadi mitra strategis sebagai laboratorium Kampus USK untuk melakukan berbagai penelitian, terutama bidang perikanan, pertanian, perkebunan, pariwisata dan pertambangan serta melakukan pendampingan kepada masyarakat untuk meningkatkan nilai tambah dari berbagai usaha yang digeluti oleh masyarakat.
 
"Kami yakin dan percaya, bahwa komitmen seluruh Pemerintah Kabupaten/Kota untuk mewujudkan kesejahteraan dan kemakmuran masyarakatnya tidak akan terwujud tanpa ada bantuan dan kerjasama dengan berbagai pihak,"pintanya.
 
"Kehadiran para mahasiswa peserta KKNT-MM dari USK, Insya Allah akan menjadi energi positif bagi segenap unsur Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota se-Aceh pada umumnya, dan Kabupaten Nagan Raya pada khususnya dalam mewujudkan kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat di Nagan Raya,"tutupnya.
 
Saat menyerahkan peserta KKN lewat vidcon tersebut, Rektor USK Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal, M. Eng IPU, mengatakan pihaknya menginginkan Bupati/Walikota dan jajarannya dapat memberikan hal-hal apa yang perlu dilakukan di Kabupaten/ Kota.

"Sehingga masyarakat merasa kehadiran anak-anak kami di gampong-gampong bisa membantu anak-anak mereka yang duduk di bangku kelas 1 dan 2 Sekolah Dasar yang tidak bisa belajar secara tatap muka. Mudah-mudahan apa yang kita lakukan ini bisa bermanfaat,"harapnya
 
"saya juga ingin mengajak Bapak Bupati/Walikota, bahwa USK sebagai jantung hati rakyat Aceh ingin memberikan sesuatu kepada masyarakat ditengah pandemi Covid 19,"tutup Rektor USK. (Red)
Jl. Lampanah Kuta Alam Banda Aceh.
Kecamatan Kuta Alam.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
​​​​​​Email : redaksiindojaya@gmail.com



Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com