27 Mei 2019 | Dilihat: 101 Kali
Nilai UN Meningkat, Peringkat UNBK Aceh Singkil Menurun
noeh21
Pihak Dinas Pendidikan, Kemenag, dan para kepala sekolah tingkat SMP, MTsN/sederajat, saat melakukan pertemuan diaula, Kantor Kementrian setempat. Foto Erwan
 

IJN - Aceh Singkil | Meski nilai rata - rata Ujian Nasional sekolah meningkat, namun indeks perangkingan prestasi peringkat UNBK Kabupaten Aceh Singkil, tingkat SMP se Provinsi Aceh tahun 2019 ini menurun dari tahun lalu.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Aceh Singkil Yusfit Helmi, melalui Sekretarisnya, Kharilullah, Senin 27 Mei 2019, saat melakukan pertemuan dengan pihak Kemenag dan para Kepala Sekolah SMP/MtsN sederajat setempat, di aula Kantor Kementrian Agama.

Kharilullah mengatakan, untuk perangkingan peringkat UNBK tahun ini, Kabupaten Aceh Singkil menduduki posisi ke-19, dari 23 Kabupaten/Kota se Provinsi Aceh.

Peringkat yang diperoleh tersebut jauh menurun bila di bandingkan dengan perangkingan Aceh Singkil ditahun lalu peringkat ke-12, se Provinsi Aceh.

Menurutnya, menurunnya peringkat prestasi perangkingan UNBK tingkat SMP, Kabupaten Aceh Singkil, tidak terlepas dengan kurangnya kedisiplinan para guru PNS dan pengawasan Kepala Sekolah.

Karena dari hasil laporan dan pantauan Dinas Pendidikan Kabupaten Aceh Singkil dilapangan, banyak Kepala Sekolah lalai dalam melakukan pengawasan manajemen tupoksi beban kerja guru PNS yang dinilai tidak maksimal.

Sehingga, dengan peringkat prestasi yang diraih tersebut kwalitas pendidikan Aceh Singkil masih lebih rendah dari daerah lain di aceh,ungkapnya.
Dengan begitu diharapkan, kedepannya Kepala Sekolah dapat melakukan pengawasan dan melakukan manajemen secara baik terhadap beban kerja para guru PNS disekolahnya masing-masing. 

"Bukan malah guru PNS hanya menuntut haknya saja, tetapi beban kerja tupoksinya malah diberikan kepada guru honorer (GTT)",ujarnya.

Memang diakui ditahun 2019 ini, seluruh sekolah diKabupaten Aceh Singkil melaksanak Ujian Nasional Berbasis Komputer. Hal itu seiring dengan diberikannya integritas yang tinggi untuk Provinsi Aceh melaksanakan Ijian Nasional tahun ini, jelasnya.

Sementara, untuk hak wewenang tingkat kelulusan peserta UNBK itu berada pada sekolah masing-masing yang pengumumannya akan dilaksanakan secara serentak se Provinsi Aceh, Rabu, 29 Mei 2019 mendatang, sebutnya.

Disamping itu, sebagai upaya untuk meningkatkan peringkat perangkingan Aceh Singkil, pihak Dinas Pendidikan   akan melakukan peningkatan SDM dan pendistribusian guru ke sekolah yg membutuhkan, tutupnya.

Penulis : Erwan
Editor : Rudi H
Jl. Lampanah Kuta Alam Banda Aceh.
Kecamatan Kuta Alam.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
​​​​​​Email : redaksiindojaya@gmail.com