30 Agustus 2020 | Dilihat: 79 Kali
Pemkab Aceh Singkil Perketat Proses Tatap Muka Di Sekolah
noeh21
Aktifitas anak sekolah tatap muka di sekolah. Foto ist
 

IJN - Aceh Singkil | Sebagai upaya untuk menjaga kesehatan para pendidik dan peserta didik dalam wacana pembukaan kembali kegiatan belajar mengajar tatap muka di sekolah ditengah masa pandemi covid-19 ini,  Pemkab Aceh Singkil melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan akan memperketat protokol kesehatan di sekolah.

Hal itu, sesuai dengan point berita acara hasil rakor pelaksanaan pembelajaran tatap muka bagi semua jenjang satuan pendidikan daerah setempat yang dipimpin Wakil Bupati Aceh Singkil, Sazali, yang disepakati agar para pemangku kepentingan memperketat penerapan protokol kesehatan di sekolah, Sabtu, 29 Agustus 2020.

Dalam berita acara yang ditandatangani Wakil Bupati Aceh Singkil, Sazali, juga merekomendasikan kepada Tim gugus tugas penanganan covid-19 Aceh Singkil untuk membuka sekolah tingkat SMP dan SMA/Sederajat melaksanakan proses belajar mengajar tatap muka.

Sedangkan untuk proses belajar mengajar satuan pendidikan jenjang PAUD/TK, dan SD/Sederajat  di sekolah masih menunggu kajian mendalam sesuai dengan kondisi daerah dengan melakukan simulasi disekolah melibatkan Tim gugus tugas dan pihak Forkopimda setempat.

Begitu pun, sebelum di bukanya kembali proses belajar mengajar tatap muka disekolah, Dinas Kesehatan Aceh Singkil segera menetapkan pemetaan  status zona penanganan covid-19 daerah setempat secara cepat dengan melakukan koordinasi bersama pihak berwenang.

Usai pelaksanaan rakor Wakil Bupati Aceh Singkil mengatakan, sebelum dibukanya proses belajar mengajar tatap muka, terlebih dahulu harus dilakukan simulasi dimasing-masing sekolah dengan menentukan zonanya.

Diharapkan, sebelum dilaksanakan proses belajar mengajar tatap muka disekolah terlebih dahulu dapat dilakukan kajian dari kasus covid-19 yang di Aceh Singkil.

"Jika memang mengkwatirkan, jangan dulu dibuka pembelajaran tatap muka di sekolah. Tapi jika memang memungkinkan untuk dibuka, silahkan dengan perketat protokol kesehatan", tegasnya.

Sebelumnya Kadisdikbud Aceh Singkil, Khalilullah mengatakan, dalam persiapan menghadapi proses belajar mengajar tatap muka di sekolah, pihaknya sudah melakukan berbagai upaya dan simulasi hingga ke orang tua siswa.

Dari surat pernyataan yang dibuat dan dikumpulkan pihak Disdikbud Aceh Singkil, semua orang tua siswa setuju dan mengizinkan untuk dibukanya kembali proses belajar mengajar tatap muka di sekolah,sebut Kadisdikbud.

Penulis : Erwan
Jl. Lampanah Kuta Alam Banda Aceh.
Kecamatan Kuta Alam.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
​​​​​​Email : redaksiindojaya@gmail.com



Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com