13 September 2023 | Dilihat: 215 Kali
Program PKM-PM Universitas Teuku Umar
Pusat Informasi Konseling Remaja di SMP Negeri 2 Meureubo Dikukuhkan
noeh21
Tim Program Kreativitas Mahasiswa Pengabdian Masyarakat (PKM-PM) Universitas Teuku Umar Meulaboh mengukuhkan kader Pusat Informasi Konseling Remaja (PIK-R) di SMP Negeri 2 Meureubo, Aceh Barat. Foto. Nurdiana Putri
 

IJN - Meulaboh | Tim Program Kreativitas Mahasiswa Pengabdian Masyarakat (PKM-PM) Universitas Teuku Umar Meulaboh mengukuhkan kader Pusat Informasi Konseling Remaja (PIK-R) di  SMP Negeri 2 Meureubo, Aceh Barat.

Pengukuhan tersebut turut dihadiri Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Kabupaten setempat. Rabu 13 September 2023.

Diketahui, pengukuhan ini merupakan salah satu program kreativitas mahasiswa bidang pengabdian masyarakat yang dilaksanakan oleh Universitas Teuku Umar.
 
Sebelumnya, PKM-PM Universitas Teuku Umar telah melakukan berbagai persiapan diantaranya menyelenggarakan pendidikan seksual sejak tanggal 26-27 Juli 2023. Upaya tersebut dilakukan mengingat tingginya kasus kekerasan seksual di Indonesia, terutama di Aceh.

Tak hanya itu, pihaknya juga menggelar pelatihan digital sebanyak 12 kali di SMP Negeri 2 Meureubo. Hal itu sebagai bentuk komitmen dalam memberdayakan para peserta didik untuk menghadapi tantangan kekerasan seksual di era digital.

Perwakilan DP3AKB Aceh Barat, Cut Sari Lizuarni mengatakan, pengukuhan kader PIK-R diharapkan dapat menjadi pelopor dan pelapor.

“PIK-R ini menjadi wadah yang penting untuk telekonseling dan bertukar pikiran, diharapkan bagi kader PIK-R dapat menjadi pelopor dan pelapor, serta dapat mengayomi dan memberikan solusi kepada teman-temannya yang menjadi korban ataupun sasaran korban, bahkan pelaku dari kekerasan atau pelecehan seksual," kata Cut Sari.

Dia berharap dengan dilaksanakan pengukuhan kader PIK-R ini, semoga sekolah-sekolah lain segera menyusul.

"Jadi setiap sekolah kita punya Pusat Informasi Konseling Remaja,” demikian harapnya.

Sementara itu, Ketua tim PKM-PM UTU Meulaboh, Nuri mengatakan, dengan telah dikukuhkan kader PIK-R, diharapkan program-program dapat terus berjalan.

“Berharap dengan berakhirnya program pengabdian ini, kader PIK-R yang telah dilantik dapat terus melanjutkan program di sekolah dan menjadikan SMPN 2 Meureubo sebagai sekolah ramah anak,” tutupnya.


Penulis: Nurdiana Putri
Editor: Afrizal
Kantor Media Indojayanews.com
Klik Di Sini
Jl. Cendana Utama, lr.Jampeitam I
Kecamatan Syiah Kuala.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
Email : redaksiindojaya@gmail.com


Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com