18 Agustus 2022 | Dilihat: 838 Kali
Rektor UTU Sambut 1.970 Mahasiswa Baru, Tegas Larang Perpeloncoan
noeh21
Keterangan: Rektor Universitas Teuku Umar (UTU) Aceh Barat, Dr. Drs. Ishak Hasan, M.Si menyambut serta melakukan prosesi Peusijuk (Tepung tawari) kepada 1.970 mahasiswa Baru tahun 2022, di gerbang utama kampus, Desa Alue Penyareng. Foto. Ist
 

IJN - Meulaboh | Rektor Universitas Teuku Umar (UTU) Aceh Barat, Dr. Drs. Ishak Hasan, M.Si menyambut serta melakukan prosesi Peusijuk (Tepung tawari) kepada 1.970 mahasiswa Baru tahun 2022, di gerbang utama kampus, Desa Alue Penyareng, Kamis 18 Agustus 2022.

Selain peusijuk, rektor juga memakaikan jas almamater Universitas secara simbolis kepada perwakilan Mahasiswa baru (MABA) dari berbagai fakultas, serta menyirami mahasiswaa baru air dari guci sebagai pertanda untuk menyucikan hati dan pikiran sebelum memasuki kampus.

Baca juga : 5 Bakal Calon Rektor UTU, Berikut Nama-namanya
 
“Prosesi penyambutan dan peusijuk Maba di pintu gerbang merupakan suatu tradisi yang sudah berlangsung sejak 2015 lalu. Meski pada tahun 2020 sempat ditiadakan karena Covid-19 yang mewabah di Indonesia,”kata Rektor UTU, Ishak Hasan.

Dr Ishak menjelaskan, banyak filosofi yang terkandung dari tradisi penyambutan mahasiswa baru di pintu gerbang kampus. Selain sebagai bentuk memuliakan tamu, juga dapat mengenalkan secara langsung nilai historis, tradisi, budaya, nilai dan norma di kampus UTU.

Pada kesempatan itu, Rektor Ishak Hasan menyampaikan ucapan selamat kepada para mahasiswa baru atas keberhasilannya menembus seleksi masuk Universitas Teuku Umar.

Baca juga : UTU Buka Seleksi Calon Rektor Periode 2022-2026

Kepada Maba, Dr Ishak meminta agar dalam menuntut ilmu tak hanya belajar ilmu sesuai bidangnya, tetapi dituntut agar aktif dalam kegiatan kemahasiswaan guna menambah kemampuan softskill yang akan menjadi nilai tambah. 

Ia berharap mahasiswa baru agar memiliki semangat perjuangan Teuku Umar di dalam diri mahasiswa, terutama dalam hal semangat berwirausaha (Spirit Enterpreurship).

“UTU mendidik mahasiswa untuk memiliki semangat dan pengetahuan untuk mengembangkan usahanya masing-masing ketika lulus nantinya. Sesuai dengan Visi UTU menjadi sumber inspirasi dan referensi dalam hal agro and marine industry atau industri berbasis pertanian dan industry berbasis kelautan perikanan,”jelas Dr. Ishak Hasan.

Sebagai upaya untuk menjadi aktor utama dalam peradaban bangsa, ia mengajak untuk terus belajar dan bekerja keras serta terus berupaya meningkatkan soft skill (keterampilan). Tak hanya itu, mahasiswa juga harus memiliki sifat yang rendah hati, tidak sombong, dan memiliki jiwa dan berakhlak mulia.

Baca juga : Catat! Berikut Cara Daftar Beasiswa LPDP 2022 Tahap 2, Dibuka 4 Juli

“Lanjutkan prestasi yang anda sudah ukir selama ini, oleh karena itu ruang yang kita berikan semakin terbuka lebar. Jadi tidak perlu ragu bersaing dengan para mahasiswa yang ada di Indonesia dan dunia, anda bisa bersaing karena kami memang sudah siapkan talenta menjadi pemenang dalam segala persaingan kedepan,” kata Dr. Ishak Hasan

Pada kesempatan itu, Dr Ishak dengan tegas melarang mahasiswa UTU melakukan segala bentuk perpeloncoan, penistaan dalam bentuk apapun karena semua itu adalah pelanggaran atas hak asasi manusia (HAM) dan merupakan tindakan kriminal. 

"Hindari berkembangnya paham radikalisme, kesukuan, ras dan lain-lain, atau hal lain yang menyimpang dari Pancasila,"tegasnya.

Sebaliknya, lanjut Dr. Ishak, paham-paham yang harus dikembangkan adalah paham kerja keras, paham kejujuran, paham jiwa ksatria, tertib waktu, paham toleransi, paham kasih sayang, paham inovasi, jiwa ksatria, jiwa bertanggungjawab, jiwa yang tawadu dan tawakal.

Sementara itu, Ketua Panitia SIMBA UTU 2022 yang juga Wakil Rektor III UTU Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Mursyidin, MA mengatakan, pelaksanaan pengenalan kampus akan dilaksanakan selama tiga hari yaitu 18-20 Agustus 2022. 

"Hari pertama berlangsung di Gedung Kuliah Terintegrasi (GKT) dengan melibatkan 1.970 mahasiswa baru. Selanjutnya akan dilakukan kembali pengenalan kampus di tingkat fakultas dan Prodi untuk memperdalam pemahaman mahasiswa tentang lingkungan baru mereka,” jelas Dr. Mursyidin.

Dr. Mursyidin berpesan agar mahasiswa baru bisa mengeskplor minat dan bakat yang dimiliki melalui Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) maupun program lain di UTU sebagai bagian dari proses peningkatan kualitas mahasiswa. 

"UTU telah melahirkan banyak alumni hebat yang berkiprah diberbagai bidang. Diharapkan para mahasiswa baru mampu mengikuti hal tersebut dan menjadi kebanggaan almamater," harapnya.

Acara tersebut turut didampingi Wakil Rektor I, Dr. Alfizar, DAA, Wakil Rektor III, Dr. Mursyidin, MA, Kabiro AKPK, Drs. HT. Muslim Raden, M.Si, Kabiro Umum dan Keuangan, Zulfirman, SE., M.Si, para dekan, ketua lembaga, serta para pejabat lainnya di lingkungan UTU. (Hen/Red)
Kantor Media Indojayanews.com
Klik Di Sini
Jl. Cendana Utama, lr.Jampeitam I
Kecamatan Syiah Kuala.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
Email : redaksiindojaya@gmail.com


Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com