07 Desember 2020 | Dilihat: 98 Kali
Siswa SMKN 1 Sabang Magang di Poltekpel Malahayati
noeh21
Kepala dinas pendidikan Aceh bersama rombongan di Balai Pendidikan dan Pelatihan Ilmu Pelayaran (BP2IP) Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Malahayati. Foto IST
 

IJN - Sabang | Sebanyak 72 siswa SMK Negeri 1 Kota Sabang yang berada di lingkup Cabang Dinas Pendidikan Aceh Wilayah Kota Sabang, selama tiga bulan kedepan akan mengikuti proses magang di Balai Pendidikan dan Pelatihan Ilmu Pelayaran (BP2IP) Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Malahayati.

Kerjasama pemagangan siswa SMK ini merupakan kolaborasi Dinas Pendidikan Aceh dengan Balai Pendidikan dan Pelatihan Ilmu Pelayaran (BP2IP) Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Malahayati, dalam upaya meningkatkan mutu sekolah kejuruan di Aceh.

Prosesi penyerahan siswa jurusan Noutika Kapal Niaga (NKN), berlangsung Sabtu (05/12/2020), di Pelabuhan Bebas, Kota Sabang, dilakukan Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Drs. H. Rachmat Fitri HD, MPA.

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut pertemuan sebelumnya antara Dinas Pendidikan Aceh dengan Direktur Politeknik Pelayaran Malahayati.

Serahrerima siswa jurusan Noutika Kapal Niaga (NKN) ini turut dihadiri Wakil Wali Kota Sabang, Sekdako, Asisten I, Kepala BPKS, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Aceh se-Aceh dan ketua MKKS SMK se-Aceh. 

"Mulai hari ini, ananda semua kami serahkan kepada kapten kapal latih untuk menimba ilmu pelayaran dari sumbernya dan praktik langsung. Oleh karena Itu saya harapkan manfaatkan waktu yang baik ini sebagai bekal untuk masa depan," ujarnya.

Rachmat Fitri mengaku pihaknya sangat serius meningkatkan mutu sekolah menengah perkapalan yang ada di Sabang. 

Untuk itu, pihaknya mengutus Tenaga Ahli dan Kepala Cabang Dinas Pendidikan Aceh Wilayah Kota Sabang untuk menindaklanjuti pertemuan sebelumnya dengan melihat langsung Politeknik yang berada di bawah Kementerian Perhubungan RI tersebut.

Ia menyambut baik keseriusan pihak Poltekpel Malahayati atas kerjasama tersebut. Intinya Poltekpel Malahayati berkomitmen membantu Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Aceh, termasuk SMK Perkapalan yang ada di Kota Sabang.

Kegiatan tersebut dipandu langsung oleh Kepala Cabang Dinas Pendidikan Aceh Wilayah Kota  Sabang, Abdul Hamid, S.Pd, M.Pd.

Setelah menjelaskan sejarah kegiatan ini lahir, Kacabdin Wilayah Kota Sabang ini meminta Kapten memberi arahan kepada siswa dan para sejumlah tamu yang akan berlayar bersama sang kapten. 

Kapal ini memiliki kapasitas penumpang 120 orang, ada tiga lantai, dilengkapi kamar tidur dengan 120 ranjang, satu aula muat 100 orang, ada tiga ruang belajar, satu restoran. 

"Sebelum naik kapal, semua penumpang harus mengikuti arahan awak kapal, mengunakan alat pengaman, dan nanti di kapal sambil berlayar, awak kapal akan menjelaskan semua perangkat dan memperlihatkan semua fasilitas kapal," jelas kapten. 

Kegiatan ini bermula dari mengutus Tenaga Ahli Dinas Pendidikan Aceh, Fajran PhD, mantan Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Drs Bakhtiar Ishak MSi, dan Kepala Cabang Dinas Pendidikan Sabang, Abdul Hamid  ke kampus Poltekpel Malahayati, Krueng Raya, Aceh Besar.

Direktur Poltekpel Malahayati, Toni Turiska, mengatakan, pihaknya akan memberi kesempatan kepada siswa SMK untuk magang di kampus yang terletak di kawasan Krueng Raya, Aceh Besar. 

“Kampus ini memiliki Kapal latih yang bisa dimanfaatkan untuk memberi pemahaman kepada siswa SMK khususnya untuk siswa jurusan Noutika Kapal Niaga (NKN),” katanya. (Red)
Jl. Lampanah Kuta Alam Banda Aceh.
Kecamatan Kuta Alam.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
​​​​​​Email : redaksiindojaya@gmail.com



Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com