23 Juni 2023 | Dilihat: 258 Kali
SMK 1 Nagan Raya Teken Kerja Sama Dengan Perusahaan Tambang dan Listrik
noeh21
Penjabat (Pj) Bupati Nagan Raya, Fitriany Farhas, AP. S.Sos., M.Si, menghadiri acara penandatanganan Kesepakatan Kerja Sama antara Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Nagan Raya dengan sejumlah perusahaan pertambangan dan listrik yang beroperasi di daerah tersebut, Rabu (21/6). Foto. Humas Pemkab Nagan Raya.
 

IJN - Suka Makmue | Penjabat (Pj) Bupati Nagan Raya, Fitriany Farhas, AP. S.Sos., M.Si, menghadiri acara penandatanganan Kesepakatan Kerja Sama antara Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Nagan Raya dengan sejumlah perusahaan pertambangan dan listrik yang beroperasi di daerah tersebut, Rabu (21/6).
 
Kegiatan yang berlangsung di Lobi Kantor Bupati Nagan Raya itu, dihadiri oleh sejumlah pimpinan perusahaan, seperti PT Bara Energi Lestari (BEL), PT Meulaboh Power Generation (MPG), PT Tata Bara Utama (TBU) dan PT PLN Nusantara Power Unit Pelaksana Pembangkitan Nagan Raya.
 
Dalam sambutannya, Pj Bupati Fitriany mengatakan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nagan Raya sangat mendukung adanya kerjasama antara SMK Negeri 1 Nagan Raya dengan pihak perusahaan, baik perusahaan pertambangan maupun yang bergerak di bidang kelistrikan.
 
Hal itu, kata Fitriany, akan memberikan kontribusi positif dalam menunjang keberhasilan pelaksanaan link and match di Kabupaten Nagan Raya, sehingga akan berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.
 
"Kita sangat mendukung terlaksananya kerja sama ini, untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, terlebih Nagan Raya memiliki aset Sumber Daya Alam (SDA) yang kaya untuk dapat dimanfaatkan dengan baik," katanya.
 
Lebih lanjut, Pj Bupati menyampaikan, dengan adanya kerja sama tersebut memberikan peluang magang kepada pelajar SMK sehingga setelah lulus akan memiliki keahlian tertentu dan dapat diprioriatas sebagai tenaga kerja di perusahaan terkait.
 
"Sesuai dengan motto kita Menuju Nagan Raya Bereh, daerah ikut mendorong perusahaan untuk berpihak kepada generasi muda Nagan Raya dan memprioritaskan tenaga kerja lokal," ujar Fitriany.
 
Terakhir, Pj Bupati mengharapkan, semua stakeholders dunia pendidikan mulai bersungguh-sungguh menjalankan kerja sama ini, agar kesejahteraan dunia pendidikan di Nagan Raya semakin terjaga.
 
Sementara itu, Plh. Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Dr Asbaruddin, STP.,MM.,MEng mengatakan, terkait kesepakatan kerja sama antara SMK Negeri 1 Nagan Raya dengan sejumlah perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan dan listrik itu merupakan yang pertama dilakukan di Provinsi Aceh.
 
"Saya atas nama Pemerintah Aceh memberikan apresiasi kepada Pemkab Nagan Raya serta Dinas Pendidikan Nagan Raya, karena telah mampu mewujudkan harapan masyarakat untuk membuka kedua jurusan itu di SMK Negeri 1 Nagan Raya," ucapnya.
 
Asbaruddin menambahkan, dengan telah dibukanya jurusan tersebut, diharapkan program kerja sama dapat berjalan secara efektif, sehingga nantinya akan melahirkan pelajar yang mempunyai keahlian dalam bidang pertambangan serta listrik.
 
Kesepakatan kerja sama tersebut sebagai tindak lanjut hasil inisiasi Pj Bupati Nagan Raya beberapa waktu lalu di SMK tersebut dibuka jurusan baru, yaitu Teknik Instalasi Tenaga Listrik dan Geologi Pertambangan tahun ajaran 2023-2024.
 
Kesepakatan itu ditandatangai oleh masing-masing perusahaan dan dari pihak SMK N 1 Nagan Raya ditandatangani Helmi Hamdan, ST, selaku kepala sekolah. 
 
Turut hadir pada acara tersebut unsur Forkopimda, para Staf Ahli Bupati, Asisten Sekda, Ketua MPD, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Nagan Raya, Plt. Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kabupaten Nagan Raya serta sejumlah pejabat terkait lainnya. (Hendria)
Kantor Media Indojayanews.com
Klik Di Sini
Jl. Mesjid, Punge Ujung, Kecamatan Meuraxa, Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh.
Email : redaksiindojaya@gmail.com
Telp. 0821-6735-4345 - 0811 681 450


Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com