04 Juli 2019 | Dilihat: 64 Kali
Tingkatkan Kompetisi, Disdik Aceh Latih MTU Siswa SMK Gumer
noeh21
Dinas Pendidikan Aceh ketika melalukan pelatihan Mobile Training Unit (MTU) I di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Gunung Meriah, Kabupaten Aceh Singkil.
 

IJN - Aceh Singkil | Sebagai upaya meningkatkan kompetensi dalam menghadapi tantangan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) dan revolusi industri, Dinas Pendidikan Aceh memberi pelatihan Mobile Training Unit (MTU) kepada puluhan siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Gunung Meriah, Kabupaten Aceh Singkil.

Dalam pelatihan MTU I yang bergerak dibidang teknik bangunan, diikuti sebanyak 60 siswa SMK Negeri 1 Gunung Meriah, dilaksanakan mulai 1 - 13 Juli 2019, menghadirkan bahan truk conteiner berisikan alat praktek.

Kegiatan pelatihan MTU tersebut dilakukan untuk memotivasi semua pihak mengantisipasi peningkatan mobilisasi tenaga kerja antar negara ASEAN, khususnya di Indonesia, ucap Kepala Dinas Pendidikan Aceh Syaridin, SPd, MPd, mewakili PPTK Dinas Pendidikan Aceh, Sulaiman, Rabu (03/7/2019) kemarin.

Sehingga dengan pelatihan MTU itu mampu mencetak SDM yang handal, bersaing dan berkompetisi di era Masyarakat Ekonomk ASEAN dan revolusi industri 4.0.  Bahkan bisa menembus pasar kerja di tingkat regional dan internasional,ungkapnya.

Diharapkan, para peserta nantinya dapat mempraktekan ilmu pengetahuan yang didapatkan dari pelatihan. Sehingga bermanfaat ditengah masyarakat sekitarnya dan dapat meningkatkan  persentase kemudahan tenaga kerja yang relevan sesuai dengan kebutuhan dunia usaha dan dunia industri. 

Sementara Kepala SMK N 1 Gunung Meriah, M Saifullah S mengatakan, pelatihan MTU kali ini merupakan yang ke tiga kalinya dilaksanakan disekolah yang dipimpin nya itu. "Awalnya  MTU 3  bergerak dibidang permesinan, dilanjutkan MTU I yang bergerak dibidang teknik bangunan dan untuk tahun ini sama, yakni MTU I. 

Saifullah berharap, kedepannya dapat dilakukan pelatihan di bidang jurusan TIK. Karena bidang tersebut belum pernah dilakukan di sekolah.
Untuk program MTU tersebut sudah beroperasi sejak tahun 2006 lalu menggelilingi Provinsi Aceh, dengan didanai oleh Swiss Solidarity, Medicor Foundation of Lichtenstein dan Swisscontact, serta Swiss Foundation for Technical Cooperation.

Penulis : Erwan
Editor : Mhd Fahmi
Jl. Lampanah Kuta Alam Banda Aceh.
Kecamatan Kuta Alam.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
​​​​​​Email : redaksiindojaya@gmail.com