11 Maret 2023 | Dilihat: 268 Kali
Unsyiah Gelar Olimpiade MIPA Tingkat Nasional
noeh21
Universitas Syiah Kuala (USK) Banda Aceh melaksanakan Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Perguruan Tinggi (ONMIPA-PT) internal, Sabtu, 11 Maret 2023.
 

IJN - Banda Aceh | Universitas Syiah Kuala (USK) Banda Aceh melaksanakan Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Perguruan Tinggi (ONMIPA-PT) internal, Sabtu, 11 Maret 2023. 
 
Acara tersebut dimulai dengan sambutan Dr. Ir. Marwan, S.Si., M.T., IPM., ASEAN Eng. selaku Ketua Pengembangan Penalaran dan Kreativitas Mahasiswa (P2KM).
 
Selanjutnya kegiatan di buka langsung oleh Dr. Muhammad Ilham Maulana, ST, MT selaku Direktur Direktorat Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Syiah Kuala. 
 
Dr. Ilham mengatakan, ONMIPA merupakan wadah untuk mencari dan menemukan talenta-talenta mahasiswa USK dalam aspek Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA).
 
"Walaupun judulnya MIPA, namun para peserta bukanlah dikhususkan dari Fakultas MIPA saja, akan tetapi juga dari berbagai prodi dan fakultas lainnya, terutama bidang eksakta. Sebut saja seperti Fakultas Teknik, Fakultas Pertanian, bahkan mahasiswa dari Fakultas Kedokteran dan Keperawatan pun dapat mengikutinya,"katanya.
 
Ia menjelaskan, kegiatan tersebut untuk menyaring lima mahasiswa per bidang yang dikompetisikan. "Masing masing 5 orang tepilih ini akan menjadi delegasi USK pada kegiatan ONMIPA di tingkat nasional nantinya,"jelasnya.
 
Dia menyebut, empat bidang yang diseleksi yakni bidang biologi, fisika, kimia dan matematika, dengan total pendaftar ditingkat Universitas berjumlah 113 mahasiswa dari berbagai prodi maupun fakultas di lingkungan USK. 
 
"ONMIPA-PT merupakan kegiatan tahunan yang dilaksanakan oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI), Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas), serta Sekretariat Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi,"sebutnya.
 
"Salah satu tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mempromosikan dan meningkatkan daya tarik MIPA di tengah-tengah masyarakat dan meningkatkan motivasi belajar mahasiswa di bidang MIPA," demikian tutupnya. (Ril)
Kantor Media Indojayanews.com
Klik Di Sini
Jl. Cendana Utama, lr.Jampeitam I
Kecamatan Syiah Kuala.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
Email : redaksiindojaya@gmail.com


Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com