01 Agustus 2019 | Dilihat: 72 Kali
Belasan Rumah Terbakar di Aceh Singkil, Ratusan Jiwa Kehilangan Tempat Tinggal
noeh21
Korban kebakaran saat melihat rumahnya yang hangus terbakar tinggal puing-puing dan barang-barang yang berhasil diselamatkan dari amukan sijago merah, dijalan Singkil-Subulussalam, Kampung Bulusema, Suro, Aceh Singkil, Kamis (1/8/2019) Foto (Indojayanews.com/Erwan).
 

IJN - Aceh Singkil | Sedikitnya ratusan jiwa dari puluhan Kepala Keluarga (KK) kehilangan tempat tinggal dan harus mengungsi, akibat dari dampak kebakaran hebat yang menghanguskan jejeran rumah berkontruksi kayu, di Kampung Bulusema, Kecamatan Suro, Kabupaten Aceh Singkil, Kamis siang, 1 Agustus 2019.
 
Dari hasil update data PUSDALOPS PB BPBD, yang disampaikan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Singkil, Moch. Ichsan, Kamis malam mengatakan, untuk menanggulanggi ratusan jiwa korban kebakaran yang kehilangan tempat tinggal itu, pihak Pemkab Aceh Singkil menyediakan tempat pengungsian, mendirikan tenda platon, posko kesehatan, serta membuka dapur umum untuk menjamin kosumsi korban, diKantor Camat Kecamatan Suro. Namun, ada juga korban yang mengungsi kerumah sanak saudaranya. 
 
"Kita sudah menyiapkan tempat pengungsian di Aula Kantor Camat Kecamatan Suro dan mendirikan tenda platon dilokasi kejadian kebakaran," ucap Ichsan.
 
Meski dalam musibah kebakaran tersebut tidak ada korban jiwa, namun sebanyak 31 Kepala Keluarga (KK) dengan 152 orang jiwa harus rela kehilangan tempat tinggal dan mengungsi.
 
Ichsan mengatakan, dari update data terbaru akibat dari kebakaran tersebut, belasan rumah warga ludes terbakar rata dengan tanah, dan 10 unit lainnya terkena dampaknya.
 
Dalam tragedi itu, kata Ichsan, pihak Forkopimda Aceh Singkil dan Muspika Suro langsung turun kelapangan meninjau lokasi kebakaran dan melihat para korban yang rumahnya hangus terbakar.
 
Akhirnya Petugas pemadam kebakaran BPBD, bersama personil TNI/Polri, masyarakat, berhasil memadamkan kobaran api. "Namun, 16 unit rumah warga hangus terbakar rata dengan tanah. Dengan menurunkan 6 unit mobil kebakaran dibantu 1 unit armada dari Pemko Subulussalam," ungkap Ichsan.
 
Penulis : Erwan
Editor : Mhd Fahmi
Jl. Lampanah Kuta Alam Banda Aceh.
Kecamatan Kuta Alam.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
​​​​​​Email : redaksiindojaya@gmail.com