21 Juli 2019 | Dilihat: 269 Kali
Diguyur Hujan Deras, Banjir Rendamkan 4 Kecamatan di Simeulue
noeh21
Banjir merendamkan empat kecamatan di Simeulue, Provinsi Aceh. Minggu (21/7/2019).
 

IJN - Simeulue | Setelah diguyur hujan deras, banjir merendamkan 4 Kecamatan di Simeulue, Provinsi Aceh, Minggu 21 Juli 2019. Air berasal dari beberapa sungai yang meluap yang disebabkan hujan yang cukup deras.
 
Banjir yang terjadi pada pukul 05.00 Wib itu mencapai ketinggian 80-100 cm, mengakibatkan sejumlah rumah di empat kecamatan mengalami kerusakan.
 
Bedasarkan keterangan dari PUSDALOPS Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Simeulue, yang disampaikan Zulfadli, ST. M.AP, banjir ini terjadi akibat hujan deras yang melanda Simeulue, sehingga mengakibatkan sungai yang ada di sejumlah Kecamatan itu meluap.
 
Empat Kecamatan yang terdampak itu yakni, Kecamatan Simeulue Timur, Desa Air Dingin, Desa Suak Buluh, Desa Suka Karya, Desa Suka Maju, Desa Sinabang, Desa Lugu, Desa Linggi, Desa Sefoyan, Desa Ganting, dan Desa Kuala Makmur, di sejumlah desa tersebut sebanyak ratusan rumah terendam banjir.
 
Sedangkan di Kecamatan Teupah Tengah yang terkena banjir hanya dua desa yakni Desa Abail dan Nancawa. Dan di Kecamatan Teupah Barat yang terkena banjir hanya di Desa Leubang Hulu yang memang selama ini sering menjadi langganan banjir.
 
Untuk Kecamatan Teluk Dalam yang mengalami musibah banjir ini ada di Desa Kuala Baru, Desa Luan Balu dan Desa Kuala Bakti.
 
"Kondisi saat ini air sudah surut sejak Pukul 10.57 Wib. Selanjutnya ada beberapa titik terjadi longsor yang berdampak rusaknya rumah penduduk yaitu di Desa Air Dingin dan Desa Suka Karya Kecamatan Simeulue Timur," terangnya.
 
Editor : Mhd Fahmi
Jl. Lampanah Kuta Alam Banda Aceh.
Kecamatan Kuta Alam.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
​​​​​​Email : redaksiindojaya@gmail.com



Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com