21 April 2020 | Dilihat: 2415 Kali
Dituduh Cari Tenar, Ternyata Keturunan Raja Linge Gayo Ini Sudah Lama Terkenal
noeh21
Keturunan Raja Linge Gayo, Zamaluddin. IJN
 

IJN - Banda Aceh | Keturunan langsung Raja Linge, Gayo, Zamaluddin, sempat dituduh mencari muka dihadapan publik, karena angkat bicara mengenai masalah hutang antara Edi Saputra (Edi Obama) dengan Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah. Dalam sebuah berita yang dipublish media lokal bahkan menulis judul bahwa Zamaluddin inign tenar dengan cara murahan.

Menanggapi penyataan oknum yang pro terhadap Plt Gubernur Aceh itu, Keturunan Raja Linge Gayo ini tampak tenang berwibawa. Menurutnya, oknum yang menyebutnya ingin tenar dengan cara murahan, kurang pergaulan.

"Mainnya kurang jauh, tidurnya terlalu cepat," kata Zamaluddin sambil tersenyum lucu menanggapi pertanyaan dari wartawan Media INDOJAYANEWS.COM, Selasa 21 April 2020.

Zamal tampak terkekeh usai menanggapi pertanyaan tersebut. Pasalnya, menurut pemuda yang sudah terbiasa menjadi panitia di bidang olahraga otomotif ini, justru oknum tersebut yang terkesan mencari tenar melalui media. Sehingga, mau angkat bicara mengenai komentarnya tentang hutang piutang antara Edi Obama cs dengan Nova Iriansyah.

"Masalahnya, hutang itu wajib dibayar. Kalau kita orang Aceh, ini martabat. Jangan gara-gara ulah Nova kita orang Aceh bermusuhan satu sama lain. Ini dampak buruk yang perlu kita antisipasi," kata Zamal.

Makanya, ujar Zamal, dirinya mengingatkan kepada masyarakat agar tidak ada perbedaan antara Gayo dengan Aceh. "Karena Gayo juga Aceh, kita semua orang Aceh, jangan sampai ada oknum yang belum jelas keturunannya mengadu domba kita orang Aceh," kata Zamal mengingatkan.

Bukan itu saja, Zamaluddin juga menanggapi pernyataan oknum yang mengatakan bahwa masalah hutang antara Edi Obama dengan Nova Iriansyah itu masalah pribadi, jangan dibawa bawa ke urusan politik.

"Okelah kita anggap saja misalnya itu hutang pribadi, jangan bawa ke politik. Persoalannya, bayar hutang itu wajib, itu mutlak. Coba bayangkan bagaimana nasih saudara Edi Obama kehabisan miliaran uang, bagaimana nasib karyawan yang bekerja sama dia (Edi Obama), ini juga harus dipikirkan," jelasnya.

Menurut informasi yang dihimpun Media INDOJAYANEWS.COM, Zamaluddin merupakan sosok yang tidak asing bagi Aceh. Namanya sudah tersohor ke berbagai penjuru Indonesia, karena terlibat aktif di olahraga otomotif.

Dikutip berbagai sumber, Zamaluddin merupakan panitia yang sudah terbiasa menangani kejuaraan Grastrack. Zamal bahkan sukses menangani Kejuaraan Nasional Grastrack, pada Agustus 2018 lalu di Banda Aceh.

Pada 2018 tersebut, Zamal merupakan Ketua Panitia Swallow Grasstrack Region 1 Sumatera. Zamal juga menghidupkan kembali kejuaraan grasstrack di Aceh setelah 6 tahun tidak pernah diadakan.

"Pebalap binaan kita juga beberapa kali juara. Kalau saya ingin mencari popularitas atau mencari tenar dengan cara murahan, maka tidak masuk akal juga. Saya bisa populer dengan cara yang lebih keren," ungkapnya seraya memperlihatkan foto-foto dirinya sedang duduk bersama para pejabat dan pengusaha.

Beberapa kejuaraan yang pernah ditangani Zamaluddin, yaitu; Kejurnas 2017 Aceh Besar, Piala Gubernur Aceh 2018 di Banda aceh, Kejurnas 2018 Banda Aceh, dan Kejurnas 2019 di Kota Sabang. Sementara Kejurnas Grastrack Region 1A Sumatra diikuti oleh 4 provinsi, yaitu; Padang, Riau, Sumut dan Aceh.

Sebelumnya, Zamaluddin dituduh cari tenar dengan cara murahan hanya gara-gara keturunan Raja Linge ini angkat bicara bahwa ia merasa malu dengan ulah Plt Gubernur Aceh.

Baca: Malu dengan Ulah Plt Gubernur, Keturunan Raja Linge Gayo Angkat Bicara

"Masalah Nova itu, kami (masyarakat Linge) pun tidak setuju (dengan sikap Nova). Karena dari tahun 2019 jauh hari sudah diwanti-wanti oleh Edi Obama waktu itu, tapi kok diam diam aja, kalau sudah begini kan masyarakat Gayo malu juga dengan masalah ini," ungkap Zamaluddin, kepada Media INDOJAYANEWS.COM, pada Rabu 15 April 2020.

"Kami mewakili masyarakat Linge tidak setuju. Masalah hutang piutang itu harus dibayar memang, karena harga diri (masyarakat Gayo) itu. Beritakan saja bang. Kenapa tidak langsung diselesaikan sebelum masuk ke media sosial," tegas Zamal saat itu.

Penulis: Hidayat. S
Kantor Media Indojayanews.com
Klik Di Sini
Jl. Cendana Utama, lr.Jampeitam I
Kecamatan Syiah Kuala.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
Email : redaksiindojaya@gmail.com


Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com