15 Maret 2019 | Dilihat: 198 Kali
DPK SPRI Gelar Unjuk Rasa Damai di Kantor Pemerintah Cianjur
noeh21
 

IJN - Jabar | Dewan Pimpinan Kabupaten - Serikat Perjuangan Rakyat Indonesia (DPK-SPRI) menggelar aksi unjuk rasa damai di Kantor Pemerintah Daerah Cianjur Jawa Barat, Jumat 15 Maret 2019.

Unjuk rasa dilakukan pukul 10.00 WIB tepatnya di Jalan Siti Jenab No 31 Kelurahan Pamoyanan Kecamatan Cianjur Kota Kabupaten Cianjur,Jawa Barat.

Aksi unjuk rasa tersebut diikuti sekitar 50 peserta, dipimpin Koordinator Lapangan (Korlap) Dadang Junaedi dan Rudi Agan.

Dalam aksinya, massa menuntut pemerintah setempat memperjelas terkait solusi rakyat Cianjur yang belum memiliki kartu BPJS kesehatan. Mereka mempertanyakan kondisi masyarakat yang sakit hari ini tapi belum memiliki kartu BPJS kesehatan untuk berobat.

Massa mendatangi Kantor Pemda setempat menggunakan satu unit mobil komando jenis Pikup Mitsubisi bernomor polisi F 8535 WP berikut pengeras suara. Massa juga membentangkan panduk bertulis "Bubarkan BPJS PLT Harus Tanggung Jawab"

Sejumlah tulisan lainnya yaitu "SKTM Solusi Buat Masyarakat Miskin", dan "Pemda Bunuh Rakyat". Melalui tulisan di pamplet yang dibawa massa, PLT dituduh telah melanggar UUD 1945, dan diminta bertanggung jawab.

"Kita memperjuangan hak rakyat yang diatur oleh undang undang, kita menuntun PLT untuk hadir dan mempertanggung jawabkan. Kami datang kesini bukan untuk mencari keonaran, kami datang kesini untuk menuntut hak kami yang mana hampir 2 juta rakyat Cianjur sakit karena tidak bisa berobat, karena haknya dikebiri," kata Dadang, Korlap dalam aksi tersebut.

Sesuai undang undang, lanjut Dadang, dana kesehatan telah dicanangkan di APBD sekitar 10 persen, akan tetapi dana tersebut tidak dibayarkan ke BPJS. "Kami berjuang untuk mengajak kepada saudara saudara semua, yang mana banyak saudara kita yang dirawat akan tetapi tidak bisa pulang karena tidak bisa membayar biaya rumah sakit, kami bukan untuk sensasi datang keseni tetapi kami menuntut hak rakyat," tegas Dadang.

Penulis : Ruddy S
Jl. Lampanah Kuta Alam Banda Aceh.
Kecamatan Kuta Alam.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
​​​​​​Email : redaksiindojaya@gmail.com



Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com