19 Januari 2021 | Dilihat: 195 Kali
Kasus Sapi Kurus Saree Ditingkatkan Ke Penyidikan, MPO Apresiasi Polda Aceh 
noeh21
Syakya Mairizal, Koordinator MPO Aceh
 

IJN - Banda Aceh | Penyidik Ditreskrimsus Polda Aceh kabarnya telah menyelesaikan penyelidikan kasus sapi kurus di UPTD IBI Saree, Kabupaten Aceh Besar.
 
Seperti diketahui, saat ini kasus tersebut telah ditingkatkan ke tahap penyidikan. Bahkan dalam waktu dekat akan segera dilakukan gelar perkara untuk penentuan kelanjutan kasus tersebut. 
 
Menanggapi informasi itu, Syakya Meirizal, Koordinator Masyarakat Pengawal Otsus (MPO) Aceh yang turun langsung ke lokasi dan memviralkan kasus tersebut melalui siaran live salah satu platform media sosial sehingga menjadi sorotan luas publik Aceh memberi tanggapannya.
 
"Saya sebagai orang yang terlibat langsung dalam pengungkapan awal kasus tersebut memberi apresiasi yang tinggi kepada pihak Polda Aceh,"kata Syakya Mairizal kepada INDOJAYANEWS, Selasa 19 Januari 2021.
 
Syakya menyebut penyidik Ditreskrimsus Polda Aceh telah menunjukkan kinerja yang promoter dalam pengungkapan kasus tersebut. 
 
"Sekali lagi terima kasih untuk jajaran Polda Aceh. Berkat kinerja penyidik, ikhtiar kita hingga kasus tersebut mendapat perhatian publik tidak sia-sia,"sebut Syakya.
 
Selain itu, Syakya Meirizal berharap penyidik Polda Aceh tidak hanya mengungkap kasus korupsi dalam kegiatan pengadaannya saja. Tapi perlu juga dilakukan penyelidikan dan penyidikan terhadap proses tata kelola.
 
"Karena selama di bawah pengelolaan UPTD IBI hingga kasus tersebut viral, ada puluhan hingga ratusan ekor bibit dan indukan sapi yang mati,"jelas Syakya.
 
Menurut Syakya, hal itu diduga ada penyelewengan dalam pengelolaannya. Bahkan patut diduga ada pembiaran dari pihak pengelola. 
 
Akibat kematian sapi-sapi tersebut, negara mengalami kerugian milyaran rupiah. Padahal semua biaya kebutuhan ternak di IBI Saree telah dianggarkan dalam APBA. Termasuk pengadaan pakan konsentrat dan ruminansia.
 
"kita berharap Polda Aceh untuk mengusut penyelewengan oleh pihak pengelola. Baik oleh jajaran UPTD IBI Saree maupun pihak Dinas Peternakan,"harap Syakya Meirizal.
 
Syakya koordinator MPO Aceh juga memberikan apresiasi atas kerja keras jajaran Polda Aceh dalam pengungkapan kasus sapi kurus Saree.
 
"Semoga segera ada penetapan tersangka. Siapapun yang terlibat wajib mempertanggung jawabkan perbuatannya," tutupnya.


Penulis : Hendria Irawan
Jl. Lampanah Kuta Alam Banda Aceh.
Kecamatan Kuta Alam.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
​​​​​​Email : redaksiindojaya@gmail.com



Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com