25 Juni 2020 | Dilihat: 1790 Kali
KPA Desak Presiden Jokowi Lantik Nova Iriansyah sebagai Gubernur Aceh Definitif
noeh21
Plt Gubernur Aceh Ir H Nova Iriansyah MT. Foto: Ist/Net
 

IJN - Banda Aceh | Kaukus Peduli Aceh (KPA) mendesak Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) segera menetapkan dan melantik Ir H Nova Iriansyah MT sebagai Gubernur Aceh definitif.

Desakan itu disampaikan Ketua Umum KPA Muhammad Hasbar Kuba, melalui Media INDOJAYANEWS.COM, Kamis 25 Juni 2020 di Banda Aceh.

"Seperti kita tahu, hasil putusan mahkamah terhadap kasus mantan Gubernur Aceh Irwandi Yusuf sudah inkrah. Jadi, sudah saatnya Presiden Jokowi mendefinitifkan Pak Nova Iriansyah sebagai Gubernur Aceh," katanya.

Muhammad Hasbar mengungkapkan, alasan dirinya mendesak Presiden Jokowi mendefinitifkan Nova Iriansyah, agar langkah Plt Gubernur Aceh itu tidak terhambat dengan statusnya sebagai Pelaksana Tugas.

"Dengan statusnya sebagai Gubernur Aceh definitif, kita berharap Pak Nova bisa bergerak bebas melakukan perencanaan pembangunan sekaligus eksekusi atas program yang direncanakan untuk Aceh," harapnya.

Dengan begitu, tambah Muhammad Hasbar, Nova Iriansyah pun tidak bisa berkelit lagi atau "cuci tangan" saat ada persoalan. "Jadi kedepan, tidak ada lagi alasan salah kebijakan dari Sekda atau pejabat yang lainnya. Sehingga, setiap persoalan langsung Gubernur turun tangan menyelesaikan," ujarnya.

Hasbar berpendapat, status Nova Iriansyah sebagai Pelaksana Tugas, selama ini dianggap menjadi alasan Program Aceh Hebat yang dicanangkan Irwandi-Nova tidak berjalan dengan baik. Aceh juga masih berstatus sebagai salah satu "Daerah Termiskin" di Indonesia.

"Sudah berulang tahun, Aceh selalu menempati posisi daerah paling miskin di Sumatera. Padahal anggaran Aceh termasuk paling besar, dan kalau kita baca rencana pembangunan atau visi dan misi pasangan Irwandi-Nova, itu luar biasa," jelasnya.

Namun sayang, kata Muhammad Hasbar, visi misi pasangan Irwandi-Nova hanya hebat di atas kertas, sementara kenyataannya, Aceh belum mampu keluar dari cengkraman kemiskinan, dengan berbagai alasan termasuk soal status "plt" Nova.

"Karena itu, sekali lagi untuk kemajuan Aceh, Presiden Jokowi harus segera melantik Pak Nova Iriansyah sebagai Gubernur Aceh definitif. Jangan terkesan Pemerintah Pusat sengaja menghambat pembangunan di Aceh," demikian tegas Muhammad Hasbar.

Putra Barat Selatan Aceh ini juga mengatakan, hari ini Nova Iriansyah baru melantik Bupati Aceh Selatan definitif, sementara dirinya masih berstatus Plt.

"Rasanya lucu juga, Pak Nova melantik bupati definitif, sedangkan dirinya masih berstatus Pelaksana Tugas. Oleh sebab itu, kita mendesak Presiden Jokowi segera mendefinitifkan Pak Nova kestabilan politik dan pembangunan Aceh," pungkasnya.

Penulis: Hidayat. S
Jl. Lampanah Kuta Alam Banda Aceh.
Kecamatan Kuta Alam.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
​​​​​​Email : redaksiindojaya@gmail.com



Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com