26 Januari 2019 | Dilihat: 337 Kali
Polisi Kumpulkan Keterangan Terkait Tabloid dan Buletin Diduga Menghasut Rakyat
noeh21
Pengumpulan Barang Bukti dan Keterangan. Foto: IJN
 

IJN | Jakarta - Piket Intelkam dari Polsek Kramatjati melaksanakan Pulbaket atau upaya mengumpulkan keterangan informasi terkait beredarnya tabloit dan buletin yang diduga menghasut rakyat untuk membenci salah satu calon presiden RI.

Pulbaket dilakukan Jumat, 25 Januari 2019 kemarin dengan cara mendatangi panitia Masjid As Sholihin usai shalat Jumat sekitar pukul 13.00 WIB. Polisi menggali keterangan tentang beredarnya Tabloid Indonesia Barokah dan Buletin Dakwah Kaffah, di masjid tersebut.

Masjid As Sholihin berlokasi di jalan Raya Condet Rt.05 / 01 Kelurahan Balekambang Kecamatan Kramatjati Jakarta Timur.

Abdurachman Harun, selaku Penasihat pengurus masjid, saat dimintai keterangannya oleh polisi menceritakan kronologi tentang tabloid dan buletin menghasut tersebut. Menurutnya, sekira pukul 11.15 WIB, ia didatangi seorang yang tidak dikenal, ketika sedang menikmati kopi di depan halaman masjid.

Kemudian orang tidak dikenal itu memberikan amplop map warna coklat kepada dirinya, dan langsung meninggalkan lokasi seketika. Abdurachaman kemudian membawa amplop map warna coklat tersebut dan langsung diletakkan didalam kantor di Masjid As Sholihin, yang belum mengetahui isi dalam amplop warna coklat tersebut.
​​​​
Tidak lama kemudian Iwan Setiawan selaku Ketua Pengurus masjid tiba di Masjid As Sholihin dan diberitahukan Abdurachaman bahwa ada surat masuk yang belum diperiksanya. Iwan Setiawan langsung membuka paket amplop map warna coklat tersebut untuk melihat isinya.

Setelah dibuka ternyata paket amplop map warna coklat tersebut berisi 3 (tiga) buah Tabloid Indonesia Barokah Edisi I / Bulan Desember 2018 dan Buletin Dakwah Kaffah Edisi 075 tanggal 25 Januari 2019 sebanyak kurang lebih 20 (bldua puluh) buah Buletin Dakwah Kaffah.

Dan setelah tabloid tersebut dibaca bahwa isinya, ternyata berindikasi memprovokasi / menghasut dan menebarkan kebencian, kemudian tabloid tersebut diamankan oleh Iwan Setiawan selanjutnya langsung melaporkan kepada Piket Intelkam Polsek Kramatjati terkait hal itu.

Selanjutnya Tabloid Indonesia Barokah Edisi I / Bulan Desember 2018 dan Buletin Dakwah Kaffah tersebut langsung diserahkan kepada Unit Intelkam Polsek Kramatjati. Namun belum ada keterangan apakah polisi akan mengusut hal itu.

Penulis : Antoni Riansyah
Editor    : Hidayat S
Jl. Lampanah Kuta Alam Banda Aceh.
Kecamatan Kuta Alam.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
​​​​​​Email : redaksiindojaya@gmail.com



Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com