12 Februari 2019 | Dilihat: 210 Kali
ASN Aceh Singkil Diingatkan Netral Jelang Pemilu
noeh21
 

IJN - Aceh Singkil | Dalam rangka persiapan pelaksanaan momentum penting Pesta Demokrasi Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) 17 April 2019 mendatang, Bupati Aceh Singkil, Dulmusrid membuka kegiatan Rapat Koordinasi (Rakor) dengan Stakeholder, yang dilaksanakan KIP Setempat, di aula Bapeda, Selasa 12 Februari 2109.

Bupati Aceh Singkil, Dulmusrid, pada kesempatan itu mengingatkan kepada  Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Kepala Kampung serta perangkat desa daerah setempat, agar tetap menjaga kenetralitasan dalam pelaksanaan Pemilu.

Apalagi dalam pelaksanaan pesta demokrasi ini perlu disadari, persaingan antara calon sangat rentan terjadinya perpecahan ditengah masyarakat. 

"Untuk itu, perlu adanya antisipasi kita semua mengantisipasi hal-hal yang tidak diingini terjadi ditengah-tengah masyarakat," ucap Bupati.

"Maka, ditegaskan apabila ada ASN dan Kepala Kampung yang terbukti tidak netral dalam Pemilu 2019 ini, bersiap-siaplah akan mendapat sanksi sesuai dengan peraturan perundangundangan yang berlaku," sambung Bupati menegaskan.

Begitu pun, terhadap pihak penyelenggara yaitu KIP dan Panwaslu, diminta dapat melaksanakan Pesta Demokrasi Pemilihan Presiden dan Legislatif dengan sebaik-baiknya sesuai aturan yang berlaku dengan berpegang teguh pada kode etik yang ada.

Bupati juga mengimbau para peserta pemilu, dapat berkampanye secara sopan dan santun. Tanpa menyebarkan berita hoax yang dapat memicu perpecah belahan.

Sebelumnya Ketua KIP Aceh Singkil, Edi Sugianto mengatakan, momen masa kampanye ini dapat dimanfaatkan peserta Pemilu secara baik untuk mengaet meyakinkan masyarakat dalam Pemilihan nantinya.

Ketua KIP yang kerap disapa Putra juga meminta Peserta Pemilu maupun Partai Politik untuk menghindarkan kampanye hitam berbau hoax dan SARA yang dapat menimbulkan perpecahan.

"Jadikanlah kampanye pesta demokrasi jadi ajang untuk membangun, bukan malah untuk menebar kebencian dan perpecahan antara sesama," ujarnya.

"Sementara saat ini tahapan Pemilu sedang masa kampanye yang akhirnya nanti ditutup dengan Kampanye akbar," pungkas Ketua KIP yang kerap disapa Putra. 

Kegiatan Rakor turut dihadiri Kapolres Aceh Singkil, Kajari, Ketua Panwaslu diwakili Devisi Pengawasan, Dandim 0109, Ketua MPU, Karutan Cabang Singkil, Ketua Pengadilan Singkil, Ketua Mahkamah Syariah, Para Kepala SKPK, Camat, serta undangan lainnya.

Penulis : Erwan
Jl. Lampanah Kuta Alam Banda Aceh.
Kecamatan Kuta Alam.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
​​​​​​Email : redaksiindojaya@gmail.com



Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com