26 Juli 2018 | Dilihat: 501 Kali
Bacaleg Aceh Singkil Gagal Uji Baca Al Quran Terus Bertambah
noeh21
Tim Juri Melakukan Tes Mampu Baca Al Quran Terhadap Para Bacaleg Aceh Singkil
 

IJN | Aceh Singkil - Jumlah bakal calon legislatif (Bacaleg) Kabupaten Aceh Singkil yang gagal melaju pada Pesta Demokrasi tahun 2019 mendatang, tidak mampu baca Al Quran terus bertambah menjadi 7 orang.


Devisi Teknik KIP Aceh Singkil, Tamsir, S.Pd, kepada IJN,  Kamis,  26 Juli 2018, mengatakan, dalam uji tes baca Al-Qur'an yang kedua dilaksanakan kemarin, digedung serba guna Singkil, terhadap 31 orang bacaleg yang tidak hadir pada saat pelaksanaan tes mengaji pertama, kembali 2 bakal calon tidak lulus.


Tamsir mengatakan, dari 5 orang bacaleg yang hadir dalam uji mampu baca Al-Qur'an hari kedua, Rabu, 25 Juli kemarin, sebanyak 2 orang bakal calon dinilai tidak lulus.


Sehingga jumlah bacaleg Kabupaten Aceh Singkil yang tidak mampu baca Al-Qur'an bertambah menjadi 7 orang. "Karena dihari pertama, ada 5 orang bakal calon tidak mampu mengaji", ungkap Tamsir.


Selanjutnya terkait dengan bacaleg yang tidak mampu baca Al-Qur'an, pihak KIP Aceh Singkil sudah melayangkan Surat kepada Partai Politik yang bersangkutan, ungkap Tamsir.


Sementara, untuk penganti bacaleg yang tidak mampu baca Al-Qur'an dan bakal calon tidak hadir, KIP Aceh Singkil kembali akan melaksanakan uji baca Al-Qur'an yang ketiga, Selasa, 31 Juli 2018 mendatang.


Namun, apabila dihari yang ketiga tersebut ada bacaleg tidak hadir dan tidak mampu baca Al-Qur'an, pihak KIP Aceh Singkil langsung mengugurkan jumlah bacaleg dari Partai Politik bersangkutan, tegas Tamsir.


Sebelumnya pihak KIP Aceh Singkil pertama melaksanakan uji mampu baca Al-Qur'an, Senin, 23 Juli 2018, diikuti 212 bakal calon dari 243 orang bacaleg muslim yang telah didaftarkan Partai Politik.

Kontributor Aceh Singkil (Erwan)
Jl. Lampanah Kuta Alam Banda Aceh.
Kecamatan Kuta Alam.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
​​​​​​Email : redaksiindojaya@gmail.com