02 Maret 2024 | Dilihat: 303 Kali
Belasan Ribu Suara Hilang di Tingkat Kecamatan
Haji Uma Laporkan Dugaan Kecurangan Pemilu di Pidie
noeh21
Haji Uma anggota DPD RI asal Aceh . Foto. Dokumen Pribadi
 

IJN - Banda Aceh | H. Sudirman Haji Uma calon anggota DPD RI menyampaikan bahwa dugaan kecurangan Pemilu di Pidie ikut berdampak signifikan terhadap perolehan suara dirinya.
 
Dari 12 kecamatan rekap D-Hasil yang sudah diterima saksinya, ada belasan ribu suara Haji Uma hilang. Hal tersebut cukup beralasan ketika Haji Uma membandingkan perolehan suara dirinya pada lampiran rekap D-Hasil dengan C-Hasil TPS.

Haji Uma menduga kecurangan Pemilu di Pidie yang berdampak terhadap hilang suara dirinya akan terus bertambah, karena ada 11 Kecamatan lagi yang belum diterima rekap D-Hasil Kecamatan.
 
Atas temuan tersebut, Haji Uma melaporkan kejadian kecurangan kepada Bawaslu Pidie yang ikut ditembuskan kepada Bawaslu Aceh dan KIP Aceh.
 
Dalam surat yang ditujukan kepada Bawaslu Pidie, nomor: 20/10.1/HU/II/2024 tanggal 29 Februari 2024, Haji Uma melaporkan PPK Tangse, Mutiara, Kota Sigli dan Grong-Grong telah sengaja mengurangi dan/atau menghilangkan perolehan suaranya belasan ribu suara
 
Haji Uma juga telah mengutus Muhammad Daud, koordinator LO dan Saksi untuk mengawal perolehan suara dirinya dari kecurangan penyelenggara
 
"Ya benar, kita sudah melaporkan masalah ini kepada Bawaslu Pidie dan Bawaslu Aceh untuk ditindaklanjuti, selanjutnya khusus Kabupaten Pidie saya sendiri yang akan bersaksi hingga selesai," jelas Daud, Sabtu 2 Maret 2024.
 
Daud menambahkan menjadi kewajiban bagi Haji Uma untuk menjaga suara masyarakat Aceh yang telah memilih dirinya dengan penuh keikhlasan



Penulis : Hendria
Editor : Afrizal
Kantor Media Indojayanews.com
Klik Di Sini
Jl. Cendana Utama, lr.Jampeitam I
Kecamatan Syiah Kuala.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
Email : redaksiindojaya@gmail.com


Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com