12 Februari 2020 | Dilihat: 3134 Kali
Heboh, Haji Uma Dideklarasi Maju Calon Gubernur Aceh 2022
noeh21
Anggota DPD RI asal Aceh H Sudirman (Haji Uma). Foto: Ist
 

IJN - Jakarta | Sebuah video berdurasi 23 detik beredar di youtube, yang mendeklarasikan Anggota DPD RI H. Sudirman atau Haji Uma, maju sebagai calon Gubernur Aceh pada tahun 2022 mendatang.

Deklarasi itu dilakukan oleh anggota DPD RI asal Aceh lainnya yaitu Ustadz Fadhil Rahmi, didampingi Abdullah Puteh yang juga mantan Gubernur Aceh.

"Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh, saya bangga berada disamping mantan gubernur kita, orang tua kita (Abdullan Puteh). Dan tentu saja, calon gubernur kita (Haji Uma). Insyaallah apa yang kita cita-citakan untuk Aceh kedepan lebih baik akan tercapai. Mohon doanya," kata Fadhil Rahmi.

Dalam video tersebut, Haji Uma diapit oleh kedua tokoh Aceh yang kini sama-sama duduk di DPD RI. Abdullah Puteh di sisi kanan, sementara Fadhil Rahmi di sisi kiri.

Berdasarkan penelusuran Media INDOJAYANEWS.COM, video tersebut dipublish pada 12 Februari 2020 (hari ini), oleh akun Motivasi Kehidupan, dan sudah 150 x ditonton.

Selama ini, Haji Uma memang kerap diisukan dan digadang-gadang sebagai calon gubernur Aceh, namun belum ada penegasan dari Haji Uma, apakah ia akan mencalonkan diri sebagai gubernur atau tidak.

Untuk diketahui, pada pemilihan legislatif 2019 lalu, Haji Uma meraup suara terbanyak jauh diatas calon DPD asal Aceh lainnya. Jumlah suara yang diperoleh mendekati angka 1 juta malah melampaui perolehan suara pasangan Presiden Jokowi-Ma'ruf.

Sementara, Staf Ahli Haji Uma, Muhammad Daud, saat dimintai tanggapannya beberapa waktu lalu terkait adanya berita bahwa Haji Uma menegaskan tidak ada niat menjadi gubernur, mengaku hal itu (berita) benar.

"Dari judul iya, itukan berita 2019 kalau gak salah," ungkap Muhammad Daud, Senin 11 Februari 2020. Namun begitu, Daud tidak dapat memastikan apakah Haji Uma mencalonkan diri atau tidak pada Pilkada 2022 mendatang.

Hingga saat ini, belum ada penjelasan tegas dari Haji Uma terkait berbagai isu yang beredar. Jika pun Haji Uma ingin mencalonkan diri sebagai gubernur, baik dari jalur independen maupun partai politik, tentu tidak sulit baginya, sebab ia mendapat banyak dukungan masyarakat.

Apalagi, Haji Uma juga diisukan bakal bersanding dengan mantan Panglima Gerakan Aceh Merdeka (GAM) H Muzakir Manaf, jika kelak memilih mencalonkan diri sebagai calon gubernur. Hal itu bukan tidak mungkin, karena saat ini Partai Aceh memiliki kekuatan di parlemen.

Penulis: Hidayat. S
Jl. Lampanah Kuta Alam Banda Aceh.
Kecamatan Kuta Alam.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
​​​​​​Email : redaksiindojaya@gmail.com



Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com