21 September 2018 | Dilihat: 147 Kali
KIP Singkil Ingatkan Parpol Segera Laporkan LADK
noeh21
KIP Aceh Singkil ketika Melaksanakan Pencermatan DCT Anggota DPRK Setempat, di Media Center KIP
 

IJN | Aceh Singkil - Ketua Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Aceh Singkil, Edi Sugianto mengingatkan pada partai politik (parpol) peserta pemilu 2009 mendatang, yang belum menyerahkan laporan awal dana kampanye (LADK) agar dapat segera menyerahkannya pada KIP sebelum berakhir jatuh tempo waktunya.

"Sesuai dengan PKPU Nomor 29 tahun 2018 tentang perubahan atas PKPU Nomor 24 Tahun 2018 tentang Dana Kampanye Pemilihan Umum, apabila ada Partai Politik yang tidak menyerahkan laporan awal dana kampanyenya, maka ada dicoret  atau didiskualifikasi dari Peserta Pemilu", ucapnya.  

Ketua KIP Aceh Singkil, Edi Sugianto, usai memimpin rapat pleno Pencermatan Daftar Calon Tetap (DCT) Anggota DPRK Setempat, di Media Center KIP, Kamis, 20 September 2018.

Karena laporan awal dana kampanye merupakan salah satu kewajiban bagi partai politik peserta Pemilu untuk menyampaikannya ke KIP, ucap Ketua KIP Aceh Singkil yang kerap disapa Putra.

Untuk jadwal penyerahan LADK,  pihak KIP sudah mensosialisasikannya kepada Partai Politik. Hal tersebut diingatkan, agar Partai Politik tidak sampai lupa menyerahkannya sampai batas waktu yang telah ditentukan.

Begitu juga melalui surat secara tertulis Pihak KIP Aceh Singkil juga sudah menyampaikan kepada Parpol peserta Pemilu daerah setempat, apa kewajiban yang harus dipenuhi Partai. "Mulai dari LADK 1 sampai LADK 7, dan surat pernyataan lainnya termasuk NPWP sang Caleg",ujar Putra.

Dengan begitu, diharapkan kepada para penghubung agar dapat melakukan koordinasi dengan masing-masing Partainya, untuk melengkapi kewajiban yang belum ada, harapnya.

Sementara Pleno pencermatan Daftar Calon Tetap (DCT) anggota DPRK Aceh Singkil dilakukan KIP Setempat dengan mengundang Penghubung Partai Politik dan Panwaslu bersama-sama melakukan koreksi terhadap rancangan data daftar calon dengan merujuk BB 1 sang calon.

Pencermatan dilakukan, untuk memperbaiki data daftar calon. Seumpamanya, dalam rancangan tersebut ada kesalahan penulisan nama, atau foto yang tertukar dengan caleg yang lain.

Sehingga sebelum DCT anggota DPRK Aceh Singkil ditetapkan dalam rapat pleno KIP Aceh Singkil, sudah ada koreksi perbaikan, bubuhan paraf serta stempel masing-masing Partai Politik pada rancangan daftar calon, tutupnya. (Erwan
Jl. Lampanah Kuta Alam Banda Aceh.
Kecamatan Kuta Alam.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
​​​​​​Email : redaksiindojaya@gmail.com